Buruh Angkut Pelabuhan Ditangkap karena Selundupkan 42 Kg Ganja

Amaluddin    •    Rabu, 06 May 2015 21:15 WIB
narkoba
Buruh Angkut Pelabuhan Ditangkap karena Selundupkan 42 Kg Ganja
Seorang polisi memperlihatkan barang bukti ganja kering di Aceh, Ant/ Rachmad

Metrotvnews.com, Surabaya: Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, menangkap seorang buruh angkut alias porter karena menyelundupkan ganja. Rencananya, Syaifuddin, 43, membawa 42 Kg ganja kering itu ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Kharisudin, tersangka diamankan di atas Kapal Motor (KM) Dobonsolo, saat hendak membawa masuk puluhan kilogram ganja ke atas kapal.

"Penangkapan tersangka bermula saat kapal rute Jakarta-Surabaya-Makasar-Ambon-Jayapura ini sandar di Terminal Gapura Surya, Surabaya sekitar pukul 08.30 WIB," katanya, kepada wartawan di Surabaya, Rabu (6/5/2015).

Kemudian, sekitar pukul 12.30 WIB, petugas mencurigai seorang portir kapal yang membawa barang mencurigakan secara tergesa-gesa ke atas kapal.

Tersangka sempat lolos dari kejaran petugas. Bahkan, berupaya menyuap petugas operator x-ray, agar bisa lolos masuk kapal. Barang yang dibawa sudah sampai di pintu masuk kapal.

"Tapi kami berhasil mengamankannya dan membawa ke Mako untuk pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.

Sedangkan untuk pemilik barang, masih dilakukan pengejaran. Petugas juga telah melakukan penyisiran di atas kapal, namun belum berhasil menemukan si pemilik puluhan ganja tersebut.

"Kami sudah melakukan penyisiran di dalam kapal, tapi belum berhasil menemukan pemiliknya. Sedangkan barang yang berhasil kami sita, ada sekitar 42 kilogram yang sudah dipaket per 1 kilogram. Barang-barang itu disimpan dalam dua kardus," pungkasnya.

Dan saat ini, polisi masih intensif melakukan pemeriksaan terhadap portir kapal bernama Syaifudin tersebut, untuk mengungkap si pemilik barang.
 


(RRN)