Besok, Jumlah Tim Evakuasi Longsor Pangalengan Bertambah

Jaenal Mutakin    •    Rabu, 06 May 2015 21:34 WIB
bencana longsor
Besok, Jumlah Tim Evakuasi Longsor Pangalengan Bertambah
Proses pencarian korban longsor di Pangalengan, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Jumlah personel gabungan yang mengevakuasi kroban longsor di Kampung Cibitung, Pangalengan, Jawa Barat, bertambah. Pada hari ketiga evakuasi, Kamis (7/5/2015) besok, sebanyak 350 personel bahu-membahu di lokasi longsor.

"Besok untuk evakuasi akan ada tambahan personil, jadi total kurang lebih 350, kami akan terus berupaya menemukan korban yang masih tertimbun," kata Dandim 0609 Kabupaten Bandung, selaku Ketua Satuan Penanggulangan Longsor Pangalengan, Letkol ARH Tri Sugianto,  Rabu (6/5/2015).

Selain TNI, personel itu terdiri dari Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, dan Basarnas. Relawan maupun warga pun turut melakukan pencarian.

Namun, kata Tri, proses pencarian mengalami kesulitan. Banyak warga yang mendatangi lokasi dan menonton proses pencarian. Lalu lintas jadi macet sehingga mempengaruhi proses pencarian.

Lantaran itu, pihak keamanan akan mensterilisasi lokasi. Warga dilarang mendekati lokasi dari radius satu kilometer.

"Jika banyak orang, maka evakuasi bisa terganggu, makanya besok akan di lakukan penyekatan  agar kendaraan ke lokasi bisa di minimalisir,"Jelasnya.

Jumlah personel bertambah dari hari kedua pencarian. Di hari kedua setelah bencana terjadi, para personel berjumlah total 250 orang dari berbagai lembaga.


(RRN)