Kemenlu Siap Fasilitasi WNI di Nepal untuk Pulang

Ilham wibowo    •    Rabu, 06 May 2015 23:51 WIB
gempa nepal
Kemenlu Siap Fasilitasi WNI di Nepal untuk Pulang
Tim Evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Nepal tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Foto: MTVN/ Ilham Wibowo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Luar Negeri siap memfasilitasi kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) di Nepal, setelah negara tersebut diguncang gempa hebat hingga menewaskan ribuan orang.

"Warga Indonesia yang berhasil selamat, kita wajib memfasilitasi mereka sampai kerumah masing-masing," kata Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir, di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Rabu, (6/5/2015)

Abdurrahman mengatakan, pemerintah telah mengupayakan pemulangan terhadap seluruh WNI yang telah berhasil diselamatkan di Nepal. Namun, ada juga yang menolak untuk pulang ke tanah air karena sebagaian besar WNI yang selamat ikut terjun dalam misi kemanusian.

"Ada beberapa warga kita tidak mau kembali, mereka ingin membantu tim kemanusiaan," tutur Abdurrahman.

Ia mengatakan pemerintah Indonesia dalam misi kemanusiaan selain mengirim tim penyelamat juga mendirikan rumah sakit darurat di Nepal.

"Di Kathmandu kita dirikan rumah sakit darurat untuk memberikan misi kemanusian. 400 pasien telah ditangani rumah sakit kita," tegasnya.

Diketahui, Tim Evakuasi memulangkan 26 WNI yang selamat dari Nepal, mereka tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, malam ini dengan menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU.


(ALB)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA