Riset Google, Lebih dari 5 Juta Komputer Terinfeksi Adware Hanya dalam 3 Bulan

Insaf Albert Tarigan    •    Kamis, 07 May 2015 07:09 WIB
security
Riset Google, Lebih dari 5 Juta Komputer Terinfeksi Adware Hanya dalam 3 Bulan
Adware membanjiri browser Anda dengan iklan ketika mengunjungi situs tertentu.

Metrotvnews.com: Pernahkah komputer Anda tetiba dibanjiri iklan yang menjengkelkan tiap kali mengunjungi situs tertentu? Jika ya, berarti ia telah terinfeksi Adware, alias program jahat yang memang dirancang untuk membanjiri korban dengan iklan. Sementara Anda kesusahan karena iklan-iklan tersebut, sang pengendali virus menangguk untung luar biasa.

Keberadaan adware sebenarnya bukan hal baru, ia telah ada dalam satu dekade terakhir. Namun, hasil penelitian Google dan UC Berkley menunjukkan, bukannya melemah, adware justru kian kuat.

Data penelitian mereka memperlihatkan dalam rentang Juni hingga Oktober 2014, sebanyak 5.339.913 alamat IP telah terinfeksi adware. Menariknya, adware Superfish yang pernah dipasang Lenovo di produk mereka juga masih ada sampai sekarang.

Bahkan, Superfish termasuk adware paling populer, hingga menyumbang 3,7 juta pageviews. Untuk membendung adware, Google telah meluncurkan sejumlah upaya.

Pada bulan lalu, mereka tak lagi membolehkan iklan AdWords mengenai software gratis seperti WinZip, VLC dan peramban Web. Hal itu sangat penting karena biasanya korban adware memang terkena jebakan ketika mengunduh software gratis dari internet.

Sebab, software gratisan itu biasanya sudah disusupi bermacam-macam adware. Sekali komputer Anda terinfeksi, akan sangat susah untuk membersihkannya, apalagi bagi pengguna awam. Sebagai langkah antisipasi, unduhlah software gratis hanya dari situs resminya, bukan penyedia pihak ketiga.


(ABE)