Rupiah Mendekati Rp13.100/USD

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 07 May 2015 08:59 WIB
rupiah
Rupiah Mendekati Rp13.100/USD
Ilustrasi -- FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Pegerakan rupiah pada pagi ini dibuka makin melemah jika dibandingkan dengan pegerakan sebelumnya. Bahkan, rupiah kini mendekati level Rp13.100 per USD.

Bloomberg melansir, Kamis, 7 Mei, pagi ini rupiah diperdagangkan di level Rp13.090 per USD. Jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin sebesar Rp13.035 per USD, gerak rupiah melemah.

Sementara itu berdasarkan data Yahoo Finance, pagi ini rupiah berada di posisi Rp13.080 per USD. Lagi-lagi rupiah melemah jika dibandingkan penutupan perdagangan kemarin yang berada di Rp13.050 per USD.

Mengutip hasil riset Samuel Sekuritas, rupiah mengakhiri tekanan pelemahan yang utamanya diakibatkan oleh faktor internal setelah sentimen pelemahan dolar AS semakin tinggi Rabu kemarin.

Rupiah menguat hampir bersama seluruh mata uang di Asia terhadap dolar AS. Koreksi di pasar saham juga menunjukkan tingkat kejenuhan sehingga IHSG berhasil ditutup di zona positif kemarin sore.

"Indeks Keyakinan Konsumen yang turun menambah daftar indikator yang menunjukkan perlambatan ekonomi. Sentimen buruk di pasar keuangan dipercaya telah terefleksi pada penurunan minggu lalu sehingga tambahan data buruk tidak akan memicu aksi jual yang parah. Rupiah berpeluang melanjutkan tren penguatannya hari ini," ujar hasil analisa tersebut.


(AHL)