Sosok Kredibel Wiratmaja, Sang Dirjen Migas Baru

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 07 May 2015 09:21 WIB
kementerian esdm
Sosok Kredibel Wiratmaja, Sang Dirjen Migas Baru
Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja (ketiga kiri). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak dua hari lalu, nama IGN Wiratmaja Puja santer dibicarakan karena dia dilaporkan menjabat sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM. Pengumuman itu pun disampaikan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

"Akan dilantik tokoh kredibel, orang yang lurus. Pak Wiratmaja akan jadi Dirjen Migas," kata Sudirman beberapa hari lalu.

Pagi ini, Kamis 7 Mei 2015, pukul 08.30 WIB, IGN Wiratmaja Puja, beserta empat pimpinan eselon I lainnya dan eselon II beserta struktur baru SKK Migas dilantik dan disahkan di Lobby Gedung Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Lalu siapa sebenarnya sosok Wiratmaja? Pria ini selama enam bulan, terhitung mulai Januari 2015, didaulat menjabat sebagai Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM. Dia telah mengalahkan dua kandidat lain yaitu mantan Pelaksana tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Muhammad Husen dan Direktur Utama PT Pertagas Niaga Jugi Prajogjo.

Wiratmaja menyelesaikan sarjananya pada 1987 di Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai lulusan terbaik kedua.  Pendidikan Pasca Sarjana  diselesaikannya pada 1994 dan dua tahun kemudian, memperoleh gelar Doktor dari University of Kentucky, Amerika Serikat.

Wiratmaja berpengalaman dalam rekayasa mechnanical terus menerus dalam kegagalan dan stres analisis, mesin pertambangan dan desain serta menggambar mekanik dan telah menjadi ahli konsultan teknik di mesin dan pemeliharaan peralatan untuk PT Tambang Batubara Tanjung Enim, Kondur Petroleum dan PT Kereta Api Indonesia.

Dia juga pernah menjabat sebagai instruktur pelatihan di dalam perusahaan untuk beberapa perusahaan gas seperti PT Minyak Utama dan Badak LNG, PT Freeport Indonesia, PT VICO, dan PT Timah Tbk.

Sebelumnya, 31 Januari 2013, Wiratmadja dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Kelembagaan dan Perencanaan Strategis oleh Jero Wacik. Wiratmaja yang juga merupakan seorang Guru Besar ITB ini, mulai 13 Januari 2015 telah menempati posisi sebagai Plt. Dirjen Migas menggantikan Naryanto Wagimin yang habis masa tugasnya.


(AHL)