2016, Jokowi Siap 'Sebar' Rp100 Miliar ke Kota di Indonesia

Anggi Hasibuan    •    Kamis, 07 May 2015 11:08 WIB
pemerintah kota
2016, Jokowi Siap 'Sebar' Rp100 Miliar ke Kota di Indonesia
Presiden Jokowi. AFP PHOTO/POOL

Metrotvnews.com, Ambon: Mulai tahun depan, pemerintah pusat akan memberikan kurang lebih dana sebesar Rp100 miliar kepada kota-kota di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Ambon, Maluku, Kamis (7/5/2015).

"Rp100 miliar itu nanti akan diberikan dalam bentuk instruksi presiden (inpres) tetapi berdasarkan usulan dari pemerintah kota. Misalnya kota ingin membangun pasar, ingin membangun jalan juga bisa, lalu infrastruktur yang berkaitan dengan jembatan," jelas dia.

Namun demikian, pria yang selalu dipanggil Jokowi tersebut menambahkan jika pemerintah ingin fokus kepada pembangunan infrastruktur dan pelabuhan. Di mana nanti seluruhnya akan dikumpulkan dalam bentuk inpres.

"Rp100 miliar bisa rutin atau tidak setiap tahunnya. Karena nanti akan kita beri kewajiban. kota yang diberi adalah kota yang misalnya sudah memberikan e-Budgeting, one stop service yang standarnya sudah terukur," tambahnya.


(AHL)