WNA Pelaku Penipuan Online Diduga Korban Perdagangan Manusia

K. Yudha Wirakusuma    •    Kamis, 07 May 2015 11:10 WIB
wna
WNA Pelaku Penipuan Online Diduga Korban Perdagangan Manusia
Ilustrasi--MI/ANGGA YUNIAR

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya mengamankan 33 warga negara asing (WNA) asal Tiongkok. Mereka adalah pelaku kejahatan penipuan online. Polisi juga masih melakukan pengejaran pelaku utamanya.

Sebanyak 33 WNA tersebut diamankan dalam penggerebekan di sebuah rumah di Jalan Kenanga No. 44 RT 07 RW 02, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Kamis 7 Mei.

Mereka terdiri dari 14 perempuan dan 19 laki-laki. Para WNA yang ditangkap tersebut juga diduga merupakan korban perdagangan manusia (human trafficking).

"Mereka ini sebenarnya juga disamping pelaku atau tersangka penipuan online, mereka juga adalah korban perdagangan manusia. Awalnya mereka direkrut dengan dijanjikan akan dipekerjakan sebagai pekerja hotel atau restoran dengan gaji Rp6 juta," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Herry Heryawan, sseperti yang disitat Blog Polda Metro Jaya, Kamis (7/5/2015).

Terungkapnya kasus ini, lantaran adanya laporan korban trafficking. Setelah dilakukan penggeledahan di lokasi petugas menemukan sejumlah alat elektronik yang difungsikan untuk melakukan aksi kejahatan berkedok penipuan online.

"Awalnya kami mendapatkan informasi bahwa adanya trafficking maupun prostitusi online, setelah kita telusuri dan meminta keterangan dari saksi-saksi, kemudian kita melihat kasus ini berupa penipuan online," sambungya.

Selanjutnya, Herry mengaku akan melakukan koordinasi dengan pihak keimigrasian untuk mendeportasi warga negara asal Tiongkok tersebut. "Rencana besok kami akan koordinasi kembali untuk tahap awal ini kita akan melakukan idetifikasi terhadap para saksi dan tersangka," ungkapnya.


(YDH)