Ekonomi Indonesia, Optimisme Konsumen Melemah 10,3 Poin

Angga Bratadharma    •    Kamis, 07 May 2015 11:37 WIB
bank indonesia
Ekonomi Indonesia, Optimisme Konsumen Melemah 10,3 Poin
BI (Foto: MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi dalam enam bulan mendatang mengalami pelemahan bila dibandingkan dari bulan sebelumnya. Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) April 2015 yang mengalami penurunan sebanyak 10,3 poin dari bulan sebelumnya menjadi 115,9.

Mengutip laman Bank Indonesia, Kamis (7/5/2015), pelemahan IEK didorong oleh penurunan seluruh indeks pembentuknya, dengan penurunan terbesar terjadi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha enam bulan mendatang sebanyak 15,1 poin.

Selain itu, penurunan juga terjadi diikuti oleh indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan 6 bulan mendatang yang masing-masing turun sebesar 8,8 dan 6,8 poin. 

Faktor utama yang menyebabkan pelemahan optimisme responden terhadap kondisi ekonomi enam bulan mendatang adalah perkiraan masih melambatnya pertumbuhan ekonomi pada enam bulan mendatang, kemudian meningkatnya potensi tekanan kenaikan harga dan semakin ketatnya penyaluran kredit perbankan.

Secara regional, pelemahan IEK terjadi di 15 kota dengan penurunan terbesar terjadi di Pangkal Pinang (-27,0 poin) dan Manado (-21,9 poin). Sementara berdasarkan tingkat pengeluarannya, penurunan IEK terbesar terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp1 juta-Rp2 juta per bulan


(ABD)