BI: Indeks Ekspektasi Harga Naik Jadi 179,8

Angga Bratadharma    •    Kamis, 07 May 2015 11:41 WIB
bank indonesia
BI: Indeks Ekspektasi Harga Naik Jadi 179,8
Bank Indonesia (Foto: MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat tekanan kenaikan harga diperkirakan semakin meningkat pada Juli 2015. Hal ini terindikasi dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan mendatang sebanyak 11,0 poin dari bulan sebelumnya menjadi 179,8. 

Mengutip laman Bank Indonesia, Kamis (7/5/2015), tingginya permintaan menjelang Hari Raya Idul Fitri ditengarai mendorong terjadinya kenaikan harga pada bulan Juli 2015. Meningkatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada semua kelompok komoditas, dengan kenaikan tertinggi pada kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Secara regional, peningkatan IEH dalam kurun waktu tiga bulan mendatang terjadi di 16 kota yang disurvei, dengan peningkatan indeks tertinggi di kota Padang (27,9 poin) dan Bandar Lampung (23,5 poin).

Tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang atau pada Oktober 2015 juga diperkirakan meningkat. Indeks Ekspektasi Harga (IEH) enam bulan mendatang naik 6,0 poin menjadi 173,8. Kekhawatiran responden terhadap penurunan subsidi Pemerintah untuk energi (BBM, LPG dan Tenaga Listrik) menjadi pertimbangan utama yang mendorong meningkatnya tekanan kenaikan harga pada Oktober 2015.

Secara regional, peningkatan IEH enam bulan mendatang terjadi pada 13 kota yang disurvei, dengan peningkatan indeks terbesar terjadi di kota Palembang (21,3 poin) dan Surabaya (19,0 poin).



(ABD)

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

1 hour Ago

Agus menegaskan tidak bisa menjelaskan masalah teknis lebih detail. Karena hal itu, lanjut Agus…

BERITA LAINNYA