Bayi Kembar Kepala Dempet Ditangani Tim Khusus

Hendra Saputra    •    Kamis, 07 May 2015 11:57 WIB
bayi kembar
Bayi Kembar Kepala Dempet Ditangani Tim Khusus
Fitri Rahmawati dan Fitri Sakinah dirawat di RSU Zainoel Abidin, Banda Aceh, Rabu 6 Mei 2015. Antara Foto/Ampelsa

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh membentuk tim khusus untuk merawat bayi kembar siam kepala dempet. Tim terdiri dari dokter ahli bedah saraf, dokter spesialis anak, neurolog, rehab medik, dan ahli anastesi.

Sejauh ini, kondisi bayi dalam keadaan sehat. Karena lahir dengan berat badan rendah, bayi ditempatkan di inkubator dengan mulut dan hidung dipasang selang untuk pernapasan dan mengisap susu.

Bayi buah cinta pasangan Syahbandi Putra dan Siti Khadijah, warga Desa Lawe Kiling, Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara itu lahir  prematur di RSUD H. Sahuddin, Kutacane, pada 2 Mei. Saat lahir, berat total kedua bayi empat kilo 400 gram.

Dokter Spesialis Anak Isra Firmansyah mengatakan pada tahap awal pihaknya fokus mempertahankan kondisi tubuh bayi agar lebih sehat, Kamis (7/5/2015). Tahapan ini butuh waktu selama 14 hari.



Bayi kembar siam Fitri Rahmawati dan Fitri Sakinah. Antara Foto/Ampelsa


Jika kondisi kesehatan bayi kembar yang diberi nama Fitri Rahmawati dan Fitri Sakinah ini mulai stabil, tim dokter akan mengevaluasi lagi untuk tindakan selanjutnya yakni operasi pemisahan. Operasi pemisahan melibatkan dokter ahli dari beberapa rumah sakit di Indonesia.

Dokter Spesialis Saraf Iskandar menyampaikan operasi pemisahan tidak mungkin dilakukan saat ini karena sangat berisiko. Apalagi, otak keduanya menyatu.

Di Aceh, baru kali ini ada bayi kembar kepala dempet. Bayi kembar ini dirawat di Ruang Neonatal Intensive Care Unit Rumah Sakit Zainoel Abidin. Sedangkan ibunya dirawat di Rumah Sakit H. Sahuddin pascaoperasi cesar.


(TRK)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA