Pelemahan Indeks Kondisi Ekonomi Tahan Konsumen Beli HP & Televisi

Angga Bratadharma    •    Kamis, 07 May 2015 12:05 WIB
bank indonesia
Pelemahan Indeks Kondisi Ekonomi Tahan Konsumen Beli HP & Televisi
Bank Indonesia (Foto: MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat keyakinan responden terhadap kondisi ekonomi April 2015 melemah dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini pada April 2015 di angka 98,9 atau mengalami penurunan sebanyak 8,6 poin dari bulan sebelumnya

Mengutip laman Bank Indonesia, Kamis (7/5/2015), pelemahan IKE didorong oleh penurunan seluruh indeks pembentuknya. Penurunan terbesar terjadi pada indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama yang mencatat penurunan sebanyak 9,9 poin menjadi 94,3, terendah dalam tiga tahun terakhir. 

Perlambatan kenaikan penghasilan konsumen dan penurunan ketersediaan lapangan kerja pada April 2015 ditengarai mendorong konsumen untuk menahan pembelian barang tahan lama, seperti telepon selular (handphone/HP), televisi, lemari es, AC, mesin cuci, mobil, motor, dan sebagainya.

Pelemahan IKE pada April 2015 terjadi di 15 kota, dengan penurunan indeks tertinggi terjadi di Manado (-27,7 poin) dan Pangkal Pinang (-24,1 poin). Berdasarkan tingkat pengeluaran, penurunan IKE terbesar terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp2 juta sampai dengan Rp3 juta per bulan.


(ABD)