Perbaiki Gencatan Senjata, Ukraina dan Separatis Berdialog Damai

Willy Haryono    •    Kamis, 07 May 2015 12:56 WIB
krisis ukraina
Perbaiki Gencatan Senjata, Ukraina dan Separatis Berdialog Damai
Perwakilan Ukraina, separatis, OSCE serta mediator dari Rusia berkumpul di Minsk, Belarusia, Rabu (6/5/2015), untuk membicarakan solusi konflik bersenjata di wilayah timur Ukraina -- AFP / SERGEI GAPON

Metrotvnews.com, Minsk: Dua pihak yang bertikai di wilayah timur Ukraina mencoba memperbaiki gencatan senjata yang terus dilanggar sejak terbentuk pada Februari lalu. 

Perwakilan Ukraina dan separatis pro Rusia bertemu di Minsk, Belarusia, Rabu (6/5/2015). Mereka berdiskusi, mencoba mencari jalan keluar terbaik dari konflik ini secara politis. 

Mantan presiden Ukraina Leonid Kuchma, yang menjadi perwakilan Ukraina, mengatakan "dialog itu merupakan langkah penting dalam mencapai resolusi politik." 

"Untuk kami, keamanan adalah hal terpenting," tutur Kuchma, seperti dikutip AFP. Menurut dia, separatis pro Rusia telah menunjukkan sikap konstruktif dalam dialog terbaru ini. 

Azamat Kulmukhametov yang menjadi mediator dari Rusia menyebut dialog kedua kubu telah menumbuhkan harapan akan adanya "solusi politik" dari konflik di Ukraina. 

Menurut data PBB, konflik di timur Ukraina telah menewaskan lebih dari 6.000 orang pada 2014 dan membuat jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal.


(WIL)