Risma tak Masuk 10 Nama Kandidat Golkar Surabaya

Amaluddin    •    Kamis, 07 May 2015 12:58 WIB
pilkada serentak
Risma tak Masuk 10 Nama Kandidat Golkar Surabaya
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Foto: MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Surabaya: DPD Partai Golkar Kota Surabaya munculkan 10 nama bakal calon wali kota (bacawali) dan bakal calon wakil wali kota (bacawawali) untuk Pilkada Kota Pahlawan Desember mendatang. Namun, nama Tri Rismaharini sengaja tak dimasukkan dalam daftar itu.

Pasalnya, orang nomor satu di Surabaya tersebut dianggap tak butuh partai untuk kembali maju sebagai wali kota Surabaya periode 2015-2020.

"Tri Rismahrini itu sudah tidak butuh parpol lain kecuali rekomendasi dari Megawati selaku ketua umum DPP PDIP. Jadi memunculkan nama dia itu tidak ada untungnya bagi Partai Golkar," ujar Plt Ketua DPD PG Kota Surabaya, M Alyas, didampingi Fathorrahman selaku ketua tim Pilkada DPD PG Kota Surabaya, Kamis (7/5/2015).

Menurut dia, 10 nama yang dimunculkan ke publik itu berasal dari berbagai profesi. Ada calon yang merupakan tokoh masyarakat, akademisi, tokoh muda, tokoh pers, pengusaha, tokoh perempuan maupun kader partai berlambang pohon beringin.

"10 nama hasil penjaringan tim Pilkakada itu antara lain, M Alyas (Plt ketua DPD PG Kota Surabaya), Gesang Budiarso (sekretaris DPD PG Provinsi Jatim), Azrul Ananda (Pengusaha/Tokoh Muda), Airlangga Satriagung (pengusaha), Dhimam Abror, (tokoh pers), KH Asep Syaifudin (tokoh NU), Zainuddin Maliki (tokoh Muhammadiyah), Katjung Maridjan (akademisi), Nalini (akademisi) dan Sirikitsyah (tokoh perempuan)," kata dia.

Partai Golkar, lanjut dia, menilai para figur itu memiliki akseptabilitas, elektabilitas dan popularitas di mata warga Surabaya.

"Namun, untuk membuktikan kami harapkan feedback (respon balik) dari masyarakat, siapa kira-kira orang yang layak memimpin Surabaya mendatang? Karena Pilkada adalah pilihan langsung masyarakat," dalih mantan anggota DPRD Kota Surabaya tersebut.

Selain itu, pihaknya akan melakukan survei untuk menjaring respon dari masyarakat. Berawal dari survei inilah Partai Golkar akan mengerucutkan 10 nama yang paling banyak mendapat dukungan dari masyarakat.

"Artinya, selain kesepuluh nama itu bisa juga nama lain yang dikehendaki masyarakat akan dimasukkan dalam survei," ujar Alyas.

Daftar nama kandidat yang akan diusung DPD PG Kota Surabaya di Pilkada 2015, yakni:
1. M Alyas (Plt ketua DPD PG Kota Surabaya).
2. Gesang Budiarso (sekretaris DPD PG Provinsi Jatim).
3. Azrul Ananda (Pengusaha/Tokoh Muda).
4. Airlangga Satriagung (pengusaha).
5. Dhimam Abror, (tokoh pers).
6. KH Asep Syaifudin (tokoh NU).
7. Zainuddin Maliki (tokoh Muhammadiyah).
8. Katjung Maridjan (akademisi).
9. Nalini (akademisi).
10. Sirikitsyah (tokoh perempuan).

 


(BOB)