Pemprov DKI Penjajakan Miliki Saham Bank NTT

Antara    •    Kamis, 07 May 2015 13:02 WIB
perbankan
Pemprov DKI Penjajakan Miliki Saham Bank NTT
Bank NTT (Foto: Dokumen Bank NTT)

Metrotvnews.com, Kupang: Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta berkeinginan untuk menjadi salah satu pemegang saham di Bank Nusa Tenggara Timur (Bank NTT). Keinginan ini sudah disampaikan Pemerintah DKI Jakarta ke Bank NTT.

Direktur Utama Bank NTT Daniel Tagu Dedo mengakui bahwa memang ada niatan dari Pemprov DKI Jakarta melalui Bank DKI untuk menjadi salah satu pemegang saham di bank milik pemerintah dan rakyat NTT itu.

Dia mengatakan, untuk merealisasikan keinginan tersebut, dua perwakilan pemerintah akan bertemu dan membahas rencana tersebut pada Agustus 2015. "Kita berharap rencana pembelian saham oleh Pemerintah DKI Jakarta itu bisa terealisasi dalam 2015 ini," ujarnya, di Kupang, Kamis (7/5/2015).

Mengenai nominal, Daniel menyatakan bahwa belum ditentukan berapa nilai yang akan disiapkan Pemprov DKI Jakarta, karena masih akan dibicarakan lebih lanjut. Namun dia berharap, Bank DKI mau mengeluarkan dana sekitar Rp100 miliar sampai dengan Rp200 miliar untuk pembelian saham sehingga bisa membantu meningkatkan modal inti.

Daniel menegaskan, Bank NTT sangat terbuka dengan upaya Pemprov DKI Jakarta menanamkan dananya di bank tersebut, karena akan mendukung upaya Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) untuk mendorong konsolidasi antar Bank Pembangunan Daerah (BPD).

"Kerja sama ini juga merupakan bagian dari dukungan terhadap upaya Asbanda untuk mendorong adanya konsolidasi dan kerja sama antarbank daerah. Meskipun DKI akan masuk, tetapi Pemprov NTT mengajukan syarat, yaitu tetap menjadi pemegang saham mayoritas," pungkasnya.


(ABD)