Produksi Turun, Daihatsu Hanya Mampu Raup Pasar 40%

Husen Miftahudin    •    Kamis, 07 May 2015 14:32 WIB
astra international
Produksi Turun, Daihatsu Hanya Mampu Raup Pasar 40%
Produk Daihatsu hanya mampu raup pasar mobil nasional sebesar 40 persen. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengakui, produk Daihatsu hanya mampu raup pasar mobil nasional sebesar 40 persen. Menurut dia, hal ini karena produksi kuartal pertama 2015 Daihatsu menurun sebesar 10 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Dalam memasarkan produk, kami selalu mengikuti kondisi ekonomi nasional. Produksi Daihatsu sekitar 40 persen dari total market, atau sekitar 500 ribu unit," ujar Amelia dalam konferensi pers pencapaian produksi ke 4 juta unit PT ADM di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (7/5/2015).

Ia menjelaskan, produksi mobil Daihatsu dari Januari hingga Maret 2015 hanya sebanyak 121 ribu unit. Sedangkan produksi periode yang sama tahun lalu sebesar 144 ribu unit.

Amelia menilai, meskipun pasar mobil Daihatsu turun 10 persen, perseroan yakin permintaan akan melonjak hingga akhir tahun. "Di pasar mobil nasional, kami menduduki peringkat kedua," papar dia.

ADM telah ditunjuk sebagai basis produksi kendaraan dengan merek Daihatsu dan Toyota untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor. Saat ini, produk ADM telah berhasil memproduksi sebanyak empat juta unit sejak 37 tahun lalu dan mampu mengekspor ke 48 negara tujuan ke berbagai benua seperti Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.


(AHL)