UUD 1945, KSPI: Buruh Bukan Pelayan Pengusaha

Antara    •    Kamis, 07 May 2015 14:56 WIB
buruh
UUD 1945, KSPI: Buruh Bukan Pelayan Pengusaha
Buruh (Foto: MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Bidang Pengupahan Sofyan Abdul Latif mengatakan, buruh bukanlah pelayan pengusaha melainkan mitra yang setara dengan pengusaha dalam membangun perekonomian Indonesia.

"Sebanyak apa pun modal dan secanggih apa pun teknologi yang dimiliki pengusaha, tanpa sentuhan tangan-tangan terampil dan otak cerdas pekerja, tidak akan berarti apa-apa," kata Sofyan, melalui siaran pers, yang diterima di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Sofyan mengatakan, pernyataan dan tuntutan pekerja dan buruh di Indonesia yang selama ini disuarakan bukanlah tanpa dasar. Pernyataan dan tuntutan tersebut dilindungi oleh Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, khususnya Pasal 33 Ayat (1), Pasal 27 Ayat (2) dan Pasal 28D Ayat (2).

"Tersirat makna bahwa pada hakikatnya perusahaan adalah usaha bersama antara pengusaha sebagai pemilik modal dan teknologi dengan pekerja atau buruh yang menjalankan dan mengembangkan modal dan teknologi dengan tenaga, pikiran dan kemampuan yang dimiliki," tuturnya.

Karena itu, menurut Sofyan, pengusaha dan pekerja sama-sama bekerja sesuai fungsi dan peran masing-masing dengan satu tekad dan tujuan, yaitu keuntungan perusahaan dan kesejahteraan bersama.

Hakikat itu sejalan dan senafas dengan jiwa dan semangat gotong royong sebagaimana diatur dalam UUD 1945 yang menjadi modal sosial terbesar untuk membangun perekonomian bangsa Indonesia.

"Pendiri republik ini telah merumuskan dan menetapkan sistem ekonomi bangsa, termasuk sistem ekonomi dalam hubungan industrial. Karena itu, siapa pun yang menempatkan pekerja sebagai pelayan pengusaha, berarti mengingkari amanat dan perintah Konstitusi," tegasnya.


(ABD)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

13 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA