Pemerintah Perlu Waspadai Inflasi karena Pangan

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 07 May 2015 15:03 WIB
inflasi
Pemerintah Perlu Waspadai Inflasi karena Pangan
Ilustrasi sembako -- FOTO: Antara/Rudi Mulya

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, inflasi yang sering kali terjadi ketika puasa dan Lebaran dipicu oleh harga pangan. Oleh karena itu perlu diwaspadai yang berkaitan dengan sektor pangan tersebut.

"Secara khusus kita waspadai sektor pangan. Pangan itu selalu jadi tantangan Indonesia, kita harus sama-sama menjaga ketersediaan, distribusi dan kewajaran dari harganya," ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (7/5/2015).

Dirinya menambahkan, pemerintah khususnya di daerah sering kali tidak mampu mengendalikan gejolak harga pangam selama puasa hingga menjelang hari raya Lebaran.

"Karena di daerah itu bisa ada kondisi di mana harga pangan naik hanya karena tidak dijaga kewajaran harganya," terang dia.

Untuk itu, Agus mengatakan, pemerintah perlu menjaga iniflasi, terlebih lagi pemerintah juga sedang menjaga daya beli masyarakat untuk menjaga pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil menegaskan pemerintah akan mengambil langkah untuk membuka keran impor dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri. Apalagi Badan Urusan Logistik (Bulog) tidak menyerap stok beras secara maksimal.


(AHL)