Perkiraan Raihan Kursi di Pemilu Inggris

Fajar Nugraha    •    Kamis, 07 May 2015 15:10 WIB
pemilu inggris 2015
Perkiraan Raihan Kursi di Pemilu Inggris
Kotak suara dalam pemilu Inggris (Foto: AFP/Getty Images)

Metrotvnews.com, London: Pemungutan suara dalam Pemilu Inggris 2015 sudah dimulai hari ini. Ada tiga dari tujuh lokasi pemungutan suara menunjukkan dua partai yang bertarung sama kuat.

Dari tujuh lembaga survei yang mengeluarkan poling mengenai kesempatan Partai Konservatif dan Partai Buruh di pemilu kali ini.

Lembaga poling YouGov memprediksi Partai Konservatif akan mendapatkan 284 kursi di Parlemen Inggris. Sementara Partai Buruh diperkirakan meraih 263 kursi dari 650 kursi parlemen yang diperebutkan. Demikian diberitakan Guardian, Kamis (7/5/2015).

Selain YouGov juga memperkirakan partai-partai kecil juga mendapatkan kursi di parlemen. Scottish Nationalits Party (SNP) diperkirakan memperoleh 48 kursi, Liberal Democrat meraih 31 suara, serta partai anti-Uni Eropa UK Independence Party (UKIP) meraih dua kursi, partai Greens satu kursi serta partai Welsh dan Northern Irish dengan 21 kursi.

Bila perkiraan ini benar, dua partai besar tentunya akan membutuhkan dukungan setidaknya dua partai kecil. Mereka memerlukan dukungan itu untuk mendominasi kekuasaan di parlemen.

Para pengamat menyebut hasil pemilu Inggris itu paling tidak bisa diramalkan, dan akan menimbulkan dampak besar di masa depan.

Sementara dalam kampanyenya, PM David Cameron berjanji, jika terpilih kembali akan mengadakan referendum apakah Inggris tetap berada dalam Uni Eropa yang beranggotakan 28 negara. Selain itu, masalah kemerdekaan Skotlandia dari Inggris Raya tetap menjadi isu utama.

Sedangkan pemimpin Partai Buruh Ed Miliband, mengkritik kepemimpinan Cameron sejak 2010. Miliband menyebut pemilu itu sebagai sebuah referendum tentang perekonomian negara, yang kelima terbesar di dunia.
 


(FJR)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA