Transaksi Lindung Nilai Hindarkan Perusahaan dari Fluktuasi Valas

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 07 May 2015 16:03 WIB
hedging (lindung nilai)
Transaksi Lindung Nilai Hindarkan Perusahaan dari Fluktuasi Valas
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengatakan pentingnya transaksi lindung nilai bagi perusahaan, institusi, maupun BUMN guna mengelola keuangan mereka.

"Bahwa lindung nilai ini adalah terkait dengan risiko transaksi kegiatan kita baik penanggung jawab keuangan di instritusi, perusahaan, BUMN, atau negara," ujarnya di Ruang Chandra Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Selain itu, lindung nilai merupakan alat tata kelola keuangan jika dikaitkan dengan adanya tagihan dengan valuta asing atau kita punya penjualan biaya dalan valuta asing, karena jika dikaitakan dengan rupiah akan ada risiko nilai tukar.

"Risiko nilai tukar akan dapat dikendalikan dengan manajemen risiko yang dilakukan kegiatan transaksi lindung nilai," terang dia.

Seandainya perusahaan tidak lindung nilai, menurut Agus, ketika ada fluktuasi mata uang bisa saja terjadi kerugian yang besar yang tidak terkait dengan usaha perusahaan.

"Perusahaan yang sehat bisa dengan sekejap tidak sehat, banyak contohnya. Dialami Indonesia pada 1997 ketika krisis Asia. Jadi dengan cara lindung nilai dapat menghindari risiko perusahaan dari bangkrut," pungkasnya.


(AHL)

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

1 hour Ago

Agus menegaskan tidak bisa menjelaskan masalah teknis lebih detail. Karena hal itu, lanjut Agus…

BERITA LAINNYA