Korban Penipuan Online Adalah Pejabat Korup di Tiongkok

Deny Irwanto    •    Kamis, 07 May 2015 16:38 WIB
wna
Korban Penipuan Online Adalah Pejabat Korup di Tiongkok
Lokasi pengegerebekan WNA Tiongkok --Metrotvnews.com/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 33 warga negara Tiongkok ditangkap polisi dalam penggerebekan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Korban mereka adalah pejabat yang terindikasi korupsi di Tiongkok.    

"Begitu datang ada yang ditraining, diajarin cara ngomong untuk meyakinkan korban agar kena tipu. Yang ditipu itu pemerintah atau pejabat yang terindikasi korupsi. Korbannya warga negara Tiongkok," kata Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan di lokasi penggerebekan, Kamis (7/5/2015).‬

Penggerebekan tersebut dilakukan di sebuah rumah mewah di Jalan Kenanga Nomor 47 RT07/02, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (6/5/2015) malam.

"Mereka kalau pulang ke Indonesia, paspor langsung diambil lagi. Paspor diberikan kembali saat mereka ingin pulang ke Tiongkok, seperti dalam rangka Gong Xi Fat Choi atau sejenisnya. Nanti saat kembali ke Indonesia paspornya diambil kembali," tandasnya.

Herry mengatakan, obrolan antara WNA ini dengan pihak para koruptor di Tiongkok hanya via telepon dan laptop. Indonesia sebagai markas mereka.

Diberitakan sebelumnya, sebuah rumah mewah di Jalan Kenanga Nomor 47 RT07/02, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, digerebek polisi. Rumah itu jadi tempat penampungan puluhan WN Tiongkok.

Penggerebekan dilakukan petugas bersenjata lengkap, Rabu (6/5/2015), pukul 20.00 WIB. Di sana diamankan 34 WNA, satu di antaranya meregang nyawa lantaran berusaha melarikan diri dengan melompat dari lantai dua rumah.


(YDH)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA