Program 'Jaring' OJK-KKP Resmi Meluncur

Angga Bratadharma    •    Kamis, 07 May 2015 16:44 WIB
ojk
Program 'Jaring' OJK-KKP Resmi Meluncur
PROGRAM JARING OJK-KKP (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan program Jangkau, Sinergi, dan Guideline yang selanjutnya disebut Jaring dengan menggandeng bank, lembaga pembiayaan/leasing, perusahaan asuransi, dan KADIN untuk meningkatkan pembiayaan ke sektor kelautan dan perikanan.

"Program Jaring bertujuan menjawab kebutuhan stakeholders terhadap informasi tentang database kelautan dan perikanan, skim pembiayaan, pemetaan risiko bisnis dan dukungan regulasi dari otoritas terkait," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Muliaman menjelaskan, target utama dari program Jaring adalah peningkatan pembiayaan di sektor Kelautan dan Perikanan yang terus bertumbuh serta mendorong perluasan akses masyarakat terhadap sektor jasa keuangan.

Selain itu, lanjut Muliaman, Program Jaring diharapkan mendorong pemahaman pelaku jasa keuangan (SJK) terhadap bisnis sektor kelautan dan perikanan yang lebih baik, sekaligus memperbaiki tingkat kesejahteraan nelayan dan pelaku usaha mikro dan kecil (peningkatan income per kapita), menambah jumlah lapangan kerja serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sasaran Jangka Pendek Program Jaring adalah menyediakan infrastruktur kepada sektor jasa keuangan dalam meningkatkan pembiayaan kepada sektor kelautan dan perikanan sebesar lebih dari 50 persen pada 2015," pungkas Muliaman.

Dalam mewujudkan sasaran jangka pendek, terdapat delapan bank pelopor pembiayaan pada sektor kelautan dan perikanan yang merupakan Bank Partner Program Jaring yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Danamon Indonesia, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Bank Permata, Bank Bukopin, dan BPD Sulselbar.


(ABD)