Survei Cyrus, Ahok Ungguli Ridwan Kamil

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 07 May 2015 16:58 WIB
basuki tjahaja purnama
Survei Cyrus, Ahok Ungguli Ridwan Kamil
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (kanan) dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: Antara/Widodo S)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cyrus Network melakukan survei untuk mengetahui siapa Gubernur DKI pilihan masyarakat. Survei dilakukan kepada 1000 responden warga DKI di 42 kecamatan. Mereka terdiri dari 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan.
 
"Survei dilakukan 24-30 April 2015. Mereka dikasih blanko kosong, tidak ada pilihan nama, mereka menjawab langsung Basuki dengan persentase 26,7 persen," kata Managing Director Cyrus Network Research and Consulting Eko Dafid Afianto di d'Consulate Cafe, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (7/5/2015).
 
Pria yang akrab disapa Ahok itu mengungguli 20 tokoh lainnya. Sosok Joko Widodo hanya mendapat dukungan 6 persen, Ridwan Kamil 5,9 persen, Fauzi Bowo 4,1 persen, Tri Rismaharini 3,1 persen, Prabowo Subianto 2,4 persen dan Djarot Saiful Hidayat sebanyak 1,3 persen.
 
Sementara tokoh yang sudah malang-melintang di Ibu Kota, seperti Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana hanya mendapatkan dukungan sebanyak 1,4 persen. Selain itu, tokoh betawi Nahcrowi Ramli, Triwisaksana, Fahira Idris tak lebih dari 3 persen.
 
Saat Tim Cyrus mengerucutkan menjadi 10 nama dengan diberikan gambar sang tokoh beserta namanya, Ahok tetap mengungguli dua pesaing utamanya. Ahok mendapatkan dukungan 35,5 persen, Tri Rismaharini 11,4 persen, dan Ridwan Kamil 10,4 persen.
 
Untuk menguji konsistensi minat Warga DKI, Cyrus kembali mengurucutkan menjadi tiga sosok dengan disertai foto dan nama tokoh. Ahok tetap memimpin dengan dua sosok lain yang saling menyalip. "Basuki 37,3 persen, Ridwan Kamil sebanyak 23,8 persen, dan Tri Rismaharini 18,3 persen," ujar Eko.
 
Kemudian, ketika diadu kuat, Ahok unggul 42,5 persen dan Ridwan Kamil 38,6. Selanjutnya dengan Tri Rismaharini, Ahok unggul 42,8 persen dan Tri Rismaharini sebanyak 37,2 persen.
 
"Survei hanya didasari rasa penasaran belaka dengan dua Wali Kota yang berprestasi ketika ditarungkan di DKI Jakarta. Tapi, belum tentu juga mereka mau bertarung di DKI," kata CEO Cyrus Network Hasan Nasbi.
 
Meski demikian, Hasan menjelaskan, angka tersebut adalah peringatan bagi Ahok jika ingin maju lagi di Pilkada 2017 mendatang. Angkanya sangat fluktuatif dan tipis. Ahok dinilai berhasil memperbaiki birokrasi dengan melawan korupsi, namun belum menyentuh kepentingan rakyat secara langsung.


(FZN)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA