Bawa Barang Mencurigakan, Rustawi Berstatus Tahanan Sementara

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 07 May 2015 17:10 WIB
wni
Bawa Barang Mencurigakan, Rustawi Berstatus Tahanan Sementara
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal--Metrotvnews.com/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Jakarta: Rustawi Tomi, 63, warga Malang, ditangkap di Bandara Internasional Brunei, 2 Mei. Rustawi kini berstatus tahanan sementara, sebab kasusnya masih dalam penyelidikan Kepolisian Brunei.

"Status hukumnya belum tersangka. Dia masih jadi tahanan sementara," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, di area Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (7/5/2015).

Iqbal memastikan, meski dalam penyelidikan, kondisi Rustawi dalam keadaan baik. "Kita pastikan mendapatkan treatment yang baik. Setidaknya itu kita dapatkan dari informasi lisan," ucapnya.

Tak hanya kondisi, Indonesia juga akan memberikan bantuan dan perlindungan hukum kepada Rustawi. "Kita akan menyediakan penerjemah untuk WNI kita yang di sana. Karena dia kan sedang melaksanakan tahap wawancara awal. Jadi perlu penerjemah," lanjut Iqbal.

Penangkapan oleh Polisi Brunei dilakukan berdasarkan temuan 'benda-benda mencurigakan', termasuk peluru. Adapun ketiga WNI tersebut diketahui dua pria dan seorang perempuan. Ketiganya dalam perjalanan dari Surabaya menuju Jeddah, Arab Saudi.
 
Ketiga WNI ini ditangkap ketika hendak melaksanakan ibadah umrah dengan menggunakan penerbangan Royal Brunei. Dua WNI itu saat ini sudah dibebaskan dan telah melanjutkan penerbangan ke Jeddah.


(YDH)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA