Menperin Harap Daihatsu Tingkatkan Kontribusi di Ekonomi Indonesia

Husen Miftahudin    •    Kamis, 07 May 2015 17:29 WIB
astra international
Menperin Harap Daihatsu Tingkatkan Kontribusi di Ekonomi Indonesia
Saleh Husin (Foto: MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pencapaian produksi ke empat juta unit PT Astra Daihatsu Motor (ADM) disambut positif oleh pemerintah melalui Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin. Menurut Saleh, pencapaian tersebut membuktikan komitmen ADM untuk terus berinvestasi dan meningkatkan volume kendaraan yang diproduksi di dalam negeri.

Ia menambahkan, dengan meningkatnya produksi kendaraan maka akan semakin meningkatkan pula kontribusi ADM dalam mendukung perekonomian Indonesia. Pasalnya, penyerapan tenaga kerja semakin lebih besar, serta terjadi peningkatan jumlah dan kepemilikan pemasok (supplier) lokal dalam kegiatan produksinya.

"Namun produksi tersebut juga harus diimbangi dengan melakukan langkah-langkah untuk menerobos produksi kendaraan global dalam meningkatkan ekspor. Hal ini penting untuk mengurangi defisit perdagangan automotif yang cukup membebani perekonomian Indonesia," ujar Saleh, dalam Peresmian Peluncuran Produksi ke 4 Juta Unit PT ADM di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (7/5/2015).

Selain itu, papar dia, untuk mengembangkan industri yang berdaya saing di pasar dalam negeri dan lokal, diperlukan pula peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Transfer teknologi menjadi kunci utama produsen ADM untuk meningkatkan kualitas SDM lokal.

"Oleh karena itu saya mengharapkan ADM dan produsen kendaraan bermotor lainnya dapat terus menerus meningkatkan kemampuan SDM lokal dengan cara melibatkan mereka secara langsung dalam kegiatan produksi, termasuk di bidang desain," pungkas Saleh.

Sementara itu, Kepala Divisi Body and Painting PT ADM Agus Wiryatno mengatakan, pihaknya yang sudah berkiprah selama 37 tahun telah berhasil memproduksi kendaraan di Indonesia mencapai produksi hingga empat juta unit. Dia menjelaskan, pencapaian empat juta unit tepat pada awal Mei dengan produk Terios untuk ekspor ke Peru.

"Sebelumnya pencapaian satu juta unit pada Mei 2005. Menjadi dua juta unit produksi pada November 2010. Pencapaian tiga juta unit diraih pada Maret 2013. Sekarang pencapaian produksi ADM sebanyak 4,064 juta unit," pungkas Agus.


(ABD)