Cyrus: Masih Ada Warga yang Ingin Jokowi Jadi Gubernur DKI

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 07 May 2015 17:49 WIB
basuki tjahaja purnama
Cyrus: Masih Ada Warga yang Ingin Jokowi Jadi Gubernur DKI
Joko Widodo saat menjabat Gubernur DKI. (Foto: MI/Panca)

Metrotvnews.com, Jakarta: Joko Widodo sudah naik jabatan menjadi Presiden RI. Namun, masih ada enam persen warga Ibu Kota yang ingin Jokowi menjadi Gubernur DKI. Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan Cyrus Network terhadap 1000 responden di 42 kecamatan di DKI Jakarta pada periode 24 hingga 30 April 2015.
 
"Masih ada warga yang ingin Jokowi jadi gubernur. Padahal dia sudah jadi presiden," kata kata Managing Director Cyrus Network Research and Consulting Eko Dafid Afianto di d'Consulate Cafe, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (7/5/2015).
 
Nama Jokowi dipilih publik secara spontan dengan menuliskan langsung di atas secarik kertas yang polos. Dari 1000 orang, terdapat 20 nama tokoh yang dianggap layak jadi Gubenur DKI.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menempati posisi pertama dengan perolehan suara 26,7 persen, jauh meninggalkan Jokowi sebanyak 6 persen. Disusul Ridwan Kamil 5,9 persen, Fauzi Bowo 4,1 persen, Tri Rismaharini 3,1 persen, Prabowo Subianto 2,4 persen dan Djarot Saiful Hidayat 1,3 persen.
 
Sementara tokoh Ibu Kota, seperti Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana hanya mendapatkan dukungan sebanyak 1,4 persen, Nachrowi Rami 3,6 persen, dan lain-lain di bawah 2 persen.
 
Survei ini dilakukan hanya berdasarkan rasa penasaran Cyrus Network dengan sejumlah tokoh daerah yang berprestasi untuk maju dan memimpin Ibu Kota. Sementara tokoh tersebut belum pasti berminat di Ibu Kota. Survei yang dilakukan tatap muka ini, memiiliki tingkat kepercayaan 95 persen, dan margin error 3,1 persen.


(FZN)