Menperin Optimistis Capaian Produksi ADM Dorong Automotif RI

Husen Miftahudin    •    Kamis, 07 May 2015 18:23 WIB
astra international
Menperin Optimistis Capaian Produksi ADM Dorong Automotif RI
Menteri Perindustrian Saleh Husin (ANTARA FOTO/HO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin optimistis terhadap pertumbuhan produksi yang dicapai oleh PT Daihatsu Motor Indonesia (ADM). Pasalnya, pencapaian produksi ADM sebesar empat juta unit dapat mendorong ekspor automotif Indonesia ke negara lain.

Menurut Saleh, hal ini menandakan bahwa produk automotif Indonesia merupakan kualitas global karena telah diterima hampir di seluruh belahan dunia. Bukan tidak mungkin, sebut dia, produk automotif Indonesia saat pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun ini, bakal menjadi raja.

"Kami terus mendorong industri automotif agar bisa maju dan meningkat apalagi saat pelaksanaan MEA. Saya yakin dengan ini (capaian empat juta unit produksi ADM) kita menjadi basis automotif," ujar Saleh, ditemui usai menghadiri Peresmian Peluncuran Produksi ke 4 Juta Unit PT ADM di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (7/5/2015).

Meskipun demikian, lanjut dia, pemerintah tak tinggal diam melihat para pengusaha bertempur dengan negara lain untuk menjadi raja produsen automotif di ASEAN. Ia mengakui, pemerintah juga telah memberi fasilitas keringanan pajak dan kemudahan dalam berinvestasi di Indonesia.

"Kita menggairahkan industri Tanah Air dengan memberikan yang diinginkan. Kita juga meminta Daihatsu dan juga produsen automotif lainnya untuk menjadi produsen global agar pasar kita tak direbut negara lain," pungkas Saleh.


(ABD)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

8 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA