Tim Medis Indonesia Diterima Baik di Nepal

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 07 May 2015 18:26 WIB
gempa nepal
Tim Medis Indonesia Diterima Baik di Nepal
Warga Nepal melihat bangunan yang hancur di Kathmandu, Nepal, 1 Mei 2015 -- AFP / ROBERTO SCHMIDT

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim bantuan Indonesia di Nepal diklaim sebagai tim paling lengkap di bidang medis dalam membantu korban gempa. Hal ini disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal.

"Pemberian bantuan kemanusiaan, tim kita consider as tim paling lengkap. Mulai dari equipment tenda, ruang operasi, maupun dokter," kata Iqbal di area Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon Jakarta Pusat, Kamis (7/5/2015)

Kelengkapan tim ini, cerita Iqbal, didasari pengalaman gempa di Yogyakarta dan Aceh. Katanya, pada peristiwa gempa, banyak korban yang mengeluhkan rasa sakit, khususnya pada bagian tulang.

"Kita belajar dari yang sebelum-sebelumnya. Jadi untuk bencana seperti ini, kita siapkan dokter spesialis orthopedi (tulang). Dan ternyata memang banyak yang memerlukan," ungkap Iqbal.

Iqbal menjelaskan, karena kelengkapan tim bantuan kemanusiaan Indonesia di Nepal, banyak korban yang antre di posko kemanusiaan Indonesia.

"Tampak tim kita bermanfaat, sampai antre di tempat kita di sana. Karena mulai dari pengobatan sampai peralatan kita bawa. Bahkan kita bawain makanan siap saji. The whole siklus pengobatan dibawa ke Nepal," cerita Iqbal.

Ia menambahkan, meski tidak ada permintaan resmi untuk tinggal lebih lama, perpanjangan waktu tim RI di Nepal masih memungkinkan. Hal ini dilakukan atas dasar rasa kemanusiaan.

"Mandatnya 2 minggu dari tanggal 1/5/2015 kemarin. Tapi kita extendable sampai 3 bulan karena primary health dibutuhkan sampai 3 bulan," pungkas Iqbal.

Tim bantuan kemanusiaan Indonesia sendiri dipimpin Dubes Iwan beserta tim Kemlu, BNPB, anggota Paskhas TNI AU yang memiliki kualifikasi SAR, relawan dan wakil dari Taruna Hiking Club (THC). Mereka semua akan berkoordinasi di Kathmandu.


(WIL)