Enam Adik Laki-Laki Sultan Sowan ke Keraton Kidul

Patricia Vicka    •    Kamis, 07 May 2015 18:52 WIB
keraton yogyakarta
Enam Adik Laki-Laki Sultan Sowan ke Keraton Kidul
Seorang wanita turun di depan Keraton Kilen beberapa saat setelah kedatangan enam adik Sultan Hamengkubuwono di rumah Raja Yogyakarta tersebut. Foto: Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Enam orang adik Sri Sultan Hamengkubuwono X sowan ke kediaman Raja Yogyakarta itu di Keraton Kilen Yogyakarta, Kamis (7/5/2015) sore. Mereka datang untuk memenuhi panggilan Sri Sultan HB X.

Pantauan Metrotvnews.com, acara pertemuan berlangsung secara tertutup. Awak media tidak diperkenankan memasuki pintu gerbang Keraton Kilen.

Sekitar pukul 16.00 WIB sebuah Kijang Innova hitam memasuki halaman Keraton Kilen. Samar-samar terlihat enam orang laki-laki di dalamnya.

Tak beberapa lama kemudian datang sebuah Ford yang mengangkut seorang wanita. Sayangnya tidak diketahui identitas sang wanita tersebut.

Setelah dua jam berlangsung, pukul 18.10 WIB, Kijang Innova yang diduga mengangkut keenam adik Sri Sultan HB X keluar meninggalkan gerbang Keraton Kilen.

GBPH Suryodiningrat duduk di bangku kemudi mobil. Lima orang laki-laki lainnya juga ada di mobil tersebut. Namun, tidak terlihat jelas wajah kelimanya.

Saat dikonfirmasi, GBPH Suryodiningrat, membenarkan pertemuan itu. Mereka datang ke Keraton Kidul atas undangan Sri Sultan HB X. "Iya," kata dia.

Keenam adik laki-laki Sultan tersebut tinggal di Jakarta dan belum dapat menghadiri sabda raja.

Mereka yang dipanggil menghadap sultan adalah GBPH Pakuningrat, GBPH Cakraningrat, GBPH Suryodiningrat, GBPH Suryomataram, GBPH Hadinegoro, dan GBPH Suryonegoro.


(BOB)