GP F1 Spanyol

Analisa & Prediksi Alex Yoong Jelang GP Spanyol Akhir Pekan Ini

Patrick Pinaria    •    Kamis, 07 May 2015 19:00 WIB
f1
Analisa & Prediksi Alex Yoong Jelang GP Spanyol Akhir Pekan Ini
Mantan pembalap F1 yang kini berkarier sebagai analis F1, Alex Yoong (Foto: themalaysianinsider.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah melewati empat seri awal musim, akhirnya kita kembali ke Eropa untuk GP F1 Spanyol di Barcelona. Trek di sini adalah trek yang kerap digunakan pada saat melakukan tes pra-musim.

Itu berarti, para pembalap dan kru sudah mengenal dengan baik karakteristik dan bisa menilai dengan baik sejauh apa perkembangan performa mobil mereka semenjak awal tahun.

Sebagai kali pertama kembalinya balapan di Eropa, setiap tim biasanya selalu memiliki banyak rencana-rencana untuk meningkatkan performa dan bagi kita para fans, hal ini akan menjadi tontonan yang menarik karena besar kemungkinan di sinilah akan terjadi banyak pergeseran posisi. Koreksi yang tepat sasaran dapat menjadi tiket bagi tim untuk merangsek naik di papan peringkat.

Namun di sisi lain, jika tim gagal melakukan koreksi, maka hampir bisa dipastikan tim akan mengalami kemunduran karena tim-tim lain akan semakin bertambah cepat.

Trek ini adalah trek yang sangat menyenangkan. Pada saat saya masih aktif, trek ini dianggap sebagai trek terbaik oleh para pembalap, bersaing ketat dengan Suzuka dan Spa.

Namun untuk sekarang ini, Sektor 3 dari trek ini sedikit menjadi hambatan yang menjadikannya agak sulit untuk dinikmati. Namun, Sektor 1 & 2 masih tetap fantastis dan merupakan tempat yang sangat ideal untuk mengeksplor limit dari mobil. Trek yang berkarakter cepat dan mengalir, kuncinya adalah mempertahankan ritme dan membiarkan mobil Anda melakukan pekerjaannya.

Untuk menjadi cepat di trek ini, dibutuhkan mobil dengan downforce yang baik dan sisanya adalah tentang bagaimana menyetel mobil dengan teknisi untuk mendapatkan keseimbangan yang baik antara axis depan dan belakang.

Banyaknya tikungan yang cepat dan mengalir mengindikasikan kondisi di mana akan sulit untuk mendekati mobil lawan secara ketat, yang akan berujung pada sebuah balapan prosesional. Ini adalah alasan utama mengapa banyak kemenangan di Barcelona ini ditentukan dari posisi start. Tetapi, kita juga memiliki zona DRS di sepanjang garis start-finish yang akan membuka kesempatan untuk menyalip.  

Pengaturan ban sangat penting di sini karena kita akan melihat tingginya tingkat degreadasi ban dikarenakan tikungan-tikungan yang cepat dan mengalir seperti disebut di atas. Untuk mengatasi hal ini, Pirelli akan membawa tipe hard dan medium dan hal ini menandakan balapan ini akan menjadi balapan dengan 2 kali stop bagi mayoritas tim.

Tikungan 3 juga akan sangat mengikis ban terutama bagian depan kiri, jadi tim harus bekerja ekstra untuk melindungi bagian tersebut.

Barcelona bukan merupakan jenis trek yang bergantung pada performa mesin. Trek ini adalah jenis yang lebih menitik-beratkan pada aspek aerodinamis. Namun, saya merasa Mercedes masih akan menjadi tim terdepan.

Mobil mereka adalah yang terbaik dalam menghadapi tikungan cepat di sepanjang tahun ini dan dibutuhkan perbaikan performa yang cukup signifikan dari Ferrari untuk bersaing dengan mereka. 

Setelah itu posisi seharusnya menjadi milik Williams. Mereka memang agak tertinggal dari dua tim di posisi puncak dan dengan Ferrari yang akan menghadirkan banyak perbaikan pada bagian mesin, saya merasa Williams akan kesulitan untuk mengimbangi mereka.

Posisi di belakang mereka akan menghadirkan persaingan yang menarik. Red Bull Racing adalah tim yang belum mencapai potensi mereka dan saya percaya power-unit Renault mereka akan membaik pada akhir pekan ini.

Saya akan sangat terkejut jika Renault tidak menghadirkan perbaikan performa dan bila hal tersebut terjadi maka bisa dipastikan akan ada pihak yang dikorbankan.

Tetapi untuk saat ini mari kira berpikir optimis dan berasumsi bahwa Renault berhasil melakukan koreksi. Ditambah dengan fakta bahwa Red Bull Racing merupakan tim terbaik kedua dalam hal produksi downforce (setelah Mercedes), yang berarti mereka seharusnya menunjukkan peningkatan yang cukup besar di sini. Bahkan mungkin cukup untuk memberikan pertarungan sengit kepada Williams untuk memperebutkan posisi ke-3.

Dan akhirnya, bagaimana dengan pembalap jagoan tuan rumah, Fernando Alonso? Dia selalu berhasil menyuguhkan penampilan yang magis di trek ini dan jangan lupa terakhir kali dia memenangkan balapan untuk Ferrari adalah di GP Spanyol 2013.

Saya merasa pabrikan Honda akan hadir dengan peningkatan yang baik dan walaupun mungkin tidak cukup untuk melesatkan McLaren ke posisi depan, tetapi akan lebih dari cukup untuk membuat mereka kompetitif dalam meraih poin.

Melihat perjalanan mereka sejauh ini, keberhasilan meraih poin akan terasa seperti sebuah kemenangan tersendiri. (FOX Sport)


(ACF)