Tahun Ajaran Baru, Rapor Imunisasi Jadi Syarat Masuk SD

Meilikhah    •    Kamis, 07 May 2015 20:10 WIB
basuki tjahaja purnama
Tahun Ajaran Baru, Rapor Imunisasi Jadi Syarat Masuk SD
ilustrasi imunisasi (Foto: Antara/Iggoy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan memasukkan rapor imunisasi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi orang tua saat mendaftarkan anaknya masuk Sekolah Dasar (SD). Hal itu merupakan upaya pemerintah untuk memaksa ibu-ibu memberikan imunisasi kepada anaknya secara rutin.
 
Buku rapor itu akan menjadi catatan ibu kepada anaknya mengenai imunisasi yang telah dilakukan. Sehingga rangkaian imuniasi yang dilakukan orang tua kepada anaknya dapat dikontrol dengan baik.
 
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan DKI Arie Budhiman agar program itu mulai berjalan di tahun ajaran baru sekolah 2015-2016. "Saya sudah minta dinas pendidikan lakukan itu, agar tahun ini mulai diterapkan," kata Ahok.
 
Ia mengungkapkan, peraturan ini muncul berdasarkan kekhawatiran Pemprov DKI pada orang tua siswa yang kerap melupakan imunisasi. Padahal, anak-anak usia prasekolah wajib diimunisasi beberapa kali agar kekebalan tubuhnya mampu mencegah penyakit serius saat anak tumbuh dewasa.
 
"Kami mau pastikan semua anak Jakarta sudah di imunisasi. Begitu kamu mau data anak sekolah, mana surat dokter atau bukua rapor imunisasi kamu. Kalau tidak ada, harus imunisasi dulu," ujarnya.


(FZN)