Dua Alasan Menteri BUMN Pecat Bos RNI

Husen Miftahudin    •    Kamis, 07 May 2015 20:53 WIB
rni
Dua Alasan Menteri BUMN Pecat Bos RNI
Menteri BUMN Rini Soemarno -- FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno resmi memecat Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Ismed Hasan Putro. Diberhentikannya Ismed lantaran kinerja perusahaan pelat merah yang memproduksi gula tersebut dapat rapor buruk.

Rini mengakui, ada dua alasan yang menjadi dasar pemecatan bos RNI tersebut. Pertama, sebut dia, RNI memiliki utang besar akibat kerugian valas yang ditanggungnya.

"Perusahaan rugi valas karena tidak terkover dengan baik. Itu kami tekankan kesalahan manajemen," ujar Rini ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/5/2015).

Sedangkan kedua, lanjut dia, adalah kinerja RNI yang buruk dalam mengelola pabrik gula. "Kita anggap dia tidak menjalankan manajemen dengan baik. Kita lihat semua demikian. RNI core itu masih jadi sebagai pabrik gula. Ini tak termanage dengan baik," aku Rini singkat.

Sebelumnya Rini Soemarno memberhentikan Ismed Hasan lantaran kinerjanya tidak mampu mengangkat kinerja usaha perseroan.

"Ya...yang bersangkutan mulai kemarin (Selasa, 5/5) sudah diberhentikan. Keputusan mengganti pak Ismed juga berdasarkan rekomendasi dari Deputi Bidang Usaha Industri Argo dan Industri Strategis (Muhammad Zamkhani) dan Dewan Komisaris," kata Rini beberapa waktu lalu.


(AHL)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA