Pesawat Single Seater Terbakar Akibat Kerusakan Mesin

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 07 May 2015 21:03 WIB
pesawat
Pesawat Single Seater Terbakar Akibat Kerusakan Mesin
Pesawat yang terbakar di Bandara Pondok Cabe, Kamis 7 Mei 2015. Foto: MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesawat latih bertipe Swayasa single seater yang terbakar di pangkalan udara Pondok Cabe, Tangerang, diduga akibat kerusakan pada mesin pesawat.
 
Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Julius Adrafida Barata mengatakan, pihaknya mensinyalir pesawat mengalami kendala mesin saat mendarat.
 
Berdasarkan keterangan saksi mata, pesawat terbang dari arah hanggar Federasi Aerosport Indonesia (FASI) dalam keadaan oleng dan berusaha mendarat darurat.
 
"Kontak permukaan 30 meter di luar median runway, persis di taxiway B depan hanggar II dalam keadaan terbalik. Pesawat terbakar dengan asap hitam membubung. Pilot keluar dalam keadaan terbakar, padahal cuaca clear dan wind calm," kata Barata di Jakarta, Kamis (7/5/2015).
 
Musibah itu terjadi sekitar pukul 11.50 WIB, pesawat mengudara dalam rangka latihan untuk Sea Games dari Palembang ke Jakarta.
 
Pesawat hanya menyisakan rangka engine frame dan engine. Pilot menderita luka bakar sebesar 98 persen akibat kebarakan ini.


(FZN)