Menperin Dorong Daihatsu Lipatgandakan Ekspor

Husen Miftahudin    •    Kamis, 07 May 2015 23:07 WIB
astra international
Menperin Dorong Daihatsu Lipatgandakan Ekspor
Menperin Saleh Husin saat peresmian peluncuran produksi ke 4 juta unit PT ADM. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mendorong pabrikan automotif mendongkrak penjualan ekspor. Hal ini agar produsen kendaraan tak hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar, namun juga menjadi basis produksi di tingkat global.

"Khusus untuk Daihatsu, saya harapkan tahun depan sudah mencapai produksi ke-5 juta. Ekspornya jangan hanya 200 ribu unit, tapi menjadi dua kali lipat," ujar Saleh, saat Peresmian Peluncuran Produksi ke 4 Juta Unit PT ADM di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (7/5/2015).

Pengembangan ekspor sangat penting untuk terus dilakukan karena selain dapat mempercepat pengembalian investasi yang telah ditanamkan, juga dapat membantu Indonesia mengurangi defisit perdagangan automotif.

Pemerintah, lanjut Saleh, mengapresiasi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama prinsipalnya Daihatsu Motor Co. Japan atas komitmennya untuk terus berinvestasi dan meningkatkan volume kendaraan yang diproduksi di Indonesia hingga saat ini.

"Dengan meningkatnya produksi tersebut, kontribusi ADM akan semakin meningkat dalam mendukung perekonomian Indonesia melalui penambahan investasi dan penyerapan tenaga kerja serta peningkatan jumlah dan kepemilikan pemasok (supplier) lokal dalam kegiatan produksinya," pungkas Saleh.

Sementara itu, Presiden Direktur ADM Sudirman M Rusdi menuturkan, pihaknya memiliki komitmen untuk memperluas pasar ekspor mobil. Bahkan, sebut dia, produksi ADM bertambah satu juta unit dalam kurun waktu dua tahun.

"Sejak produksi perdana pada 1978 hingga 2005, total produksi ADM mencapai satu juta unit dan lima tahun kemudian mencapai dua juta unit. Angka tiga juta unit berhasil dicapai semakin cepat pada 2013, dan tahun ini ADM menjadi produsen mobil pertama di Indonesia yang mencapai angka produksi empat juta unit," papar Sudirman.

Kementerian Perindustrian (Keemenperin) mencatat, hingga saat ini total tenaga kerja yang terserap di industri automotif telah mencapai 1,3 juta orang. Sementara itu, dalam dua tahun terakhir angka penjualan kendaraan bermotor roda empat meningkat secara signifikan, dari 1,1 juta unit di 2012 meningkat hingga menembus angka 1,2 juta unit pada 2013.


(AHL)

Tanpa Djarot, Ahok Serasa Main Tunggal
Debat Final Pilkada DKI di Mata Najwa

Tanpa Djarot, Ahok Serasa Main Tunggal

45 minutes Ago

Ahok beranggapan, dalam debat tersebut seakan main bulutangkis tunggal. Lantaran dirinya harus …

BERITA LAINNYA