Hadapi MEA, Menperin Minta APM Dorong Industri Komponen Lokal

Husen Miftahudin    •    Kamis, 07 May 2015 23:16 WIB
industri otomotif
Hadapi MEA, Menperin Minta APM Dorong Industri Komponen Lokal
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Hendra

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengungkapkan, dalam menghadapi perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlaku akhir tahun ini, membuat dirinya terus mendorong industri dalam negeri agar mampu bersaing dengan industri-industri asing. Salah satunya adalah industri automotif.

Menurut dia, industri automotif Indonesia saat ini memiliki kinerja yang cukup baik karena telah berhasil meraup pangsa pasar ekspor ke berbaga negara di dunia. Namun sayangnya, beberapa komponen automotif tak mampu dihasilkan di dalam negeri, sehingga Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) automotif tak capai 100 persen.

"Kami terus mendorong industri automotif agar bisa maju dan meningkat apalagi saat pelaksanaan MEA. Saya yakin kita menjadi basis otomotif," ujar Saleh, ditemui usai menghadiri Peresmian Peluncuran Produksi ke 4 Juta Unit PT ADM di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (7/5/2015).

Selain itu, ia juga meminta kepada para Agen Pemegang Merek (APM) atau perakit kendaraan dalam negeri agar dapat membantu industri komponen dalam meningkatkan kemampuannya serta memberdayakan mereka dengan cara memberikan akses seluas-luasnya untuk dapat memasok komponen sesuai standar yang dipersyaratkan oleh industri perakitan.

"Industri komponen harus menjadi kekuatan industri automotif nasional, karena dengan kuatnya industri komponen maka ketergantungan Indonesia terhadap komponen impor akan semakin kecil, dan industri automotif akan semakin memberikan nilai tambah tinggi bagi perekonomian nasional Indonesia," pungkas Saleh.

Kementerian Perindustrian mencatat bahwa hingga saat ini total tenaga kerja yang terserap di industri automotif telah mencapai 1,3 juta orang. Sementara itu, dalam dua tahun terakhir angka penjualan kendaraan bermotor roda empat meningkat secara signifikan, dari 1,1 juta unit pada 2012, meningkat hingga menembus angka 1,2 juta unit pada 2013.


(AHL)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

8 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA