Rupiah Makin Terpukul

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 08 May 2015 09:48 WIB
rupiah
Rupiah Makin Terpukul
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelemahan rupiah makin terpukul jelang akhir pekan ini. Minimnya sentimen positif, serta menguatnya dolar Amerika Serikat (AS) membuat gerak rupiah makin melemah.

Mengutip Bloomberg, Jumat, 8 Mei, kondisi rupiah makin terlempar ke Rp13.162 per USD jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level Rp13.147 per USD. Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, gerak rupiah berada di level Rp13.166 per USD jika dibandingkan dengan penutupan pergerakan Rp13.145 per USD.

Hasil riset Samuel Sekuritas memaparkan pergerakan nilai tukar rupiah sepanjang hari ini diprediksi masih lesu. Tekanan demi tekanan masih akan dirasakan rupiah karena dolar AS terpantau menguat tajam.

"Penguatan dolar index akibat membaiknya data AS berpeluang menambah tekanan terhadap rupiah pada hari ini," demikian seperti dikutip dalam hasil riset Samuel Sekuritas.

Prediksi mereka, kehadiran Bank Indonesia (BI) untuk menambah pasokan dolar di pasar valas terpantau tidak terlalu agresif.


(AHL)