3 Kesempatan AMD untuk Berkembang

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 08 May 2015 10:28 WIB
amd
3 Kesempatan AMD untuk Berkembang
Tiga bidang yang ingin AMD kembangkan lebih lanjut. (anandtech)

Metrotvnews.com: Terakhir kali AMD mengadakan Financial Analyst Day (FAD) adalah pada tahun 2012. Dan kemarin, 7 Mei mereka kembali mengadakan FAD. Selama 3 tahun terakhir, AMD telah mengalami cukup banyak perubahan.

Salah satu perubahan besar yang terjadi adalah penggantian CEO dari Rory Read menjadi Dr. Lisa Su. Pada FAD kemarin, Dr. Su menjelaskan secara detail rencana yang dia miliki untuk mengembangkan AMD dalam beberapa tahun ke depan.

AMD membuka acara FAD dengan penjelasan bahwa beberapa tahun ke depan, mereka memiliki kesempatan berkembang dalam 3 bidang: gaming, immersive platform dan data center.

Dalam dunia gaming, nama AMD sudah tidak asing lagi. Divisi gaming mereka telah berhasil memberikan sumbangan yang tak sedikit pada total penghasilan perusahaan, USD3 miliar. Meskipun begitu, AMD percaya bahwa divisi gaming mereka masih dapat berkembang.

Saat ini, AMD telah menjadi "otak" dari berbagai mesin gaming, mulai dari mesin yang ada di kasino hingga PC high-end. Dan sekarang, dengan semakin populernya teknologi virtual reality, AMD juga ingin masuk ke dalam pasar VR dengan mengembangkan LiquidVR.

Meski langkah ini memiliki risiko cukup tinggi, tetapi jika AMD berhasil mensukseskan konsep VR, maka mereka juga akan meraih keuntungan yang besar, mengingat jika seseorang ingin menggunakan teknologi VR, mereka memerlukan PC dengan spesifikasi yang tinggi.

Selain dalam gaming, AMD percaya mereka akan dapat berkembang dalam hal immersive platform, mulai dari Internet of Things (IoT) hingga VR. Dan hal ini dapat menguntungkan seluruh divisi yang ada dalam perusahaan. 

AMD juga mempertimbangkan untuk kembali masuk ke dalam pasar server dan datacenter meski belakangan ini, penghasilan divisi ini berada di bawah USD300 juta. Dan untuk memasuki pasar ini, AMD akan bergantung pada chip terbaru mereka, Zen (x86) dan K12.

Jika pada FAD 2012, AMD menunjukkan ketertarikan mereka pada pasar selain PC, FAD kemarin hanya menunjukkan bahwa AMD masih akan mengejar target lama yang telah mereka tentukan beberapa tahun belakangan. (anandtech)


(ABE)