The Fed Dorong Dolar 'Tekan' Rupiah

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 08 May 2015 10:38 WIB
rupiah
The Fed Dorong Dolar 'Tekan' Rupiah
NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP USD (Foto: MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Laju rupiah masih akan terkena pelemahan lanjutan terhadap dolar Amerika Serikat (AS) atau USD. Hal itu dikarenakan gagalnya harapan kenaikan rupiah dapat memberikan sentimen negatif yang mengakibatkan pelemahan lanjutan.
 

"Tetap cermati sentimen-sentimen yang ada dan potensi pelemahan lanjutan (jika ada)," ucap Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada, dalam keterangan risetnya, yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (8/5/2015).
 

Dia menguraikan, masih adanya imbas dari rilis data pertumbuhan GDP Indonesia yang melambat dan seiring dengan berbalik naiknya USD pasca merespons pidato The Fed, di mana suku bunga The Fed akan naik, seiring langkah AS yang akan menormalisasikan kebijakan moneternya. Sehingga dari sentimen keduanya memberikan dampak negatif bagi rupiah.
 

Laju rupiah tepat ditarget level support Rp13.065 per USD. Kondisi global yang membuat laju USD melonjak memberikan sentimen negatif bagi rupiah, sehingga mengakibatkan pelemahan lanjutan.
 

Meski demikian, Reza berharap untuk tetap cermati sentimen-sentimen yang ada dan potensi pelemahan lanjutan. "Dalam satu hari ini laju rupiah akan berada di level Rp13.080-1Rp3.055 per USD (kurs tengah BI)," tutup Reza.




(ABD)