Ribuan Orang Minum Jamu Masal di Solo

Pythag Kurniati    •    Jumat, 08 May 2015 10:56 WIB
peristiwa
Ribuan Orang Minum Jamu Masal di Solo
Lebih dari 6.000 orang tengah meminum jamu bersama-sama di halaman Balai Kota Solo, Jumat (8/5/2015). Foto: Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Halaman Balai Kota Solo, Jumat (8/5/2015) pagi, riuh oleh ribuan orang. Ternyata, lebih dari 6.000 orang tengah meminum jamu bersama-sama di sana.

Sebagian meminum jamu beras kencur dan lainnya memilih kunyit asam. Para pembuat jamu tradisional menyiapkan puluhan ribu liter jamu pada pagi ini.

”Jamu kunir asem bermanfaat untuk kesehatan wanita, sedangkan beras kencur bisa bermanfaat untuk mengobati batuk dan menambah nafsu makan,” ujar Suwasni, 42, yang telah menekuni pekerjaan sebagai penjual jamu selama 25 tahun, Jumat.

Ribuan orang itu minum jamu untuk memperingati Hari Konsumen Nasional (HAORNAS) yang dipusatkan di Kota Solo.

Acara ini merupakan kerja sama antara Disperindag Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kota Surakarta.

Jamu dipilih karena merepresentasikan produk lokal Indonesia yang pantas dilindungi. Selain berkhasiat, jamu tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

“Ini juga merupakan ajakan bagi masyarakat untuk kembali membudayakan minum jamu,” kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Widodo, juga hadir dalam acara ini. “Saya bukan kali pertama minum jamu tradisional, karena saya asli Magelang. Di kantor Kemenperindag  pun setiap Jumat ada penjual jamu berkeliling, dan kita minum jamu sama-sama,” jelasnya seusai meminum jamu.


Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (dua dari kanan) dan Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Widodo (pertama kanan).
 


(BOB)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA