Cyber Security Indonesia Lemah, Kejahatan Dunia Maya Menjamur

Arga sumantri    •    Jumat, 08 May 2015 11:13 WIB
wna
<i>Cyber Security</i> Indonesia Lemah, Kejahatan Dunia Maya Menjamur
33 WNA asal Tiongkok diamankan polisi. (Foto: MI/ Barry)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia menjadi negara nomor dengan tingkat kejahatan dunia maya paling tinggi di dunia. Sebab, Indonesia tidak memiliki cyber security,/i> yang mumpuni.
 
"Memang perlu dicatat, Indonesia ini traffic kejahatan paling tinggi di dunia, karena cyber security kita lemah," kata pengamat cyber, Fami Fakhrudin melihat saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat (8/5/2015).
 
Alumnus Arizona State University ini menilai, tindak kriminal di dunia maya sulit dicegah, karena jangkauannya terlalu luas. "Kasus kriminal memang biasa terjadi di dunia maya, karena tidak mudah diawasi, apalagi dunia cyber ini jauh lebih luas dari dunia nyata," kata Fami
 
Sebelumnya, polisi menggerebek sebuah rumah mewah di Jalan Kenanga Nomor 47 RT07/02, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu 6 April pukul 20.00 WIB. Rumah itu dijadikan tempat penampungan puluhan warga negara Tiongkok.
 
Sebanyak 33 warga negara asing asal Tiongkok yang terdiri dari 19 pria dan 14 perempuan terpaksa diamankan karena diduga melakukan penipuan online kepada sejumlah warga negaranya sendiri di Tiongkok terkait perdagangan manusia (human trafficking). Mereka menjadikan Indonesia sebagai tempat pengendalian transaksi. Satu di antaranya tewas setelah berusaha melarikan diri dengan melompat dari lantai dua.


(FZN)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA