Pesawat Luar Angkasa Rusia Jatuh dari Orbit dan Terbakar

Fajar Nugraha    •    Jumat, 08 May 2015 11:14 WIB
rusia
Pesawat Luar Angkasa Rusia Jatuh dari Orbit dan Terbakar
Roket Soyuz milik Rusia yang membawa Progress 59 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Pesawat luar angkasa tanpa awak milik Rusia dikabarkan jatuh dari orbit. Pesawat kemudian memasuki atmosfir Bumi dan terbakar.
 
Pesawat berbentuk kapsul itu memiliki misi untuk membawa kargo untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kapsul itu berisi lebih dari tiga ton makanan, bahan bakar dan pasokan untuk kru ISS.
 
Menurut keterangan lembaga luar angkasa Rusia, Roscosmos, pesawat itu jatuh dari orbit pada Kamis 7 Mei 2015 pada pukul 10.04 malam waktu setempat. Pada saat itu, pesawat bernama Progress-59 tengah terbang di atas Samudera Pasifik.
 
Sebagian dari badan pesawat diperkirakan terbakar habis di saat turun dalam kecepatan tinggi melintasi atmosfer. Namun bagian kecil dari struktur pesawat bisa selamat dan masuk ke dalam laut.
 
"Hanya bagian kecil dari struktur yang bisa menyentuh permukaan Bumi," ujar pihak Roscosmos, seperti dikutip Reuters, Jumat (8/5/2015).
 
Pesawat itu diluncurkan pada 28 April 2015 dari pangkalan pesawat luar angkasa Baikonur di Kazakhstan.  Pihak pengendali darat kehilangan kontak dengan pesawat, setelah berpisah dari bagian atas roket Soyuz sekitar sembilan menit usai peluncuran.
 
Pemerintah Rusia sendiri sudah menerbangkan 62 pesawat luar angkasa ke Stasiun ISS untuk mengirim modul dan kargo. Dua dari misi itu berakhir dari dengan kegagalan.



(FJR)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

2 hours Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA