Apakah Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Torie Natalova    •    Jumat, 08 May 2015 11:35 WIB
kesehatan
Apakah Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?
Berbahayakah memakan permen karet?(Foto:lydiaramsey.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkaca dari kasus remaja 19 tahun, Samantha Jenkins yang meninggal karena terlalu banyak mengonsumsi permen karet, maka penting untuk mengetahui apakah bahayanya permen karet dan apakah permen karet aman untuk dikonsumsi. (Remaja Ini Meninggal karena Permen Karet)

Permen karet terdiri dari lima bahan dasar yakni gum base, perasa dan pewarna, pengawet, pemanis, dan pelembut. Beberapa permen karet mengandung pemanis aspartame yang dulu berkaitan erat dengan kerusakan hati dan kanker.

Namun, pada 2013 lalu, ototitas keamanan makanan Eropa menyimpulkan, aspartame aman untuk dikonsumsi manusia. Meski, penyebab kematian Samantha diduga kuat dari pemanis pada permen karet, namun itu belum bisa dibuktikan sepenuhnya.

Apakah permen karet aman untuk ditelan?
Sejak Anda kecil mungkin telah diberitahu oleh orang tua untuk tidak menelan permen karet. Menurut Chewing Gum Association, menelan permen karet dalam bentuk yang kecil tidak berpengaruh pada tubuh anda. 

"Jika permen karet tertelan, itu hanya melewati saluran pencernaan tubuh manusia," kata Chewing Gum Association seperti dilansir bbc.co.uk.

Dr Colin Michie dari Royal College of Pediatri dan Kesehatan Anak mengatakan, permen karet bisa dicerna dengan baik.

"Permen karet memiliki efek yang signifikan pada saat usus bekerja. Tidak hanya terjadi di mulut, tapi permen karet membantu seluruh usus bergerak dari atas ke bawah," katanya.

Apakah permen karet berbahaya?
Permen karet sebenarnya tidak berbahaya. Namun, Dr Colin memperingatkan, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik termasuk jika terlalu banyak mengonsumsi permen karet. Dalam kasus Samantha, ia mengonsumsi 14 buah permen karet setiap harinya.

Merek permen yang dikonsumsinya adalah Trident. Perusahaan Trident pun menjelaskan, dalam kemasan permen karetnya sudah tercantum peringatan tentang konsumsi permen yang berlebihan.

Bisakah permen karet bermanfaat untuk Anda?
Permen karet baik untuk Anda, tidak hanya untuk menyegarkan napas, tapi untuk kesehatan. Misalnya, memasukkan nikotin dalam permen karet untuk membantu perokok menghilangkan kebiasaan merokok, atau menambah kafein dalam permen. 

"Mengunyah permen karet dapat mempengaruhi cara otak Anda bekerja dan memori Anda bekerja. Kami menemukan banyak hubungan permen karet dengan tubuh kita. Tapi, saya tidak khawatir hal itu tidak aman bagi tubuh," tuturnya.


(LOV)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

12 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA