AMD Hentikan Pengembangan Skybridge dan Hadirkan Prosesor Zen

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 08 May 2015 12:00 WIB
amd
AMD Hentikan Pengembangan Skybridge dan Hadirkan Prosesor Zen
Keluarkan prosesor Zen, AMD heentikan pengembangan Skybridge

Metrotvnews.com: Pada acara Financial Analyst Day 2015 kemarin, Kamis 7 Mei, CTO AMD Mark Papermaster membeberkan teknologi prosesor AMD dalam beeberapa tahun ke depan. Salah satu bagian yang paling menarik adalah Mark mengumumkan prosesor generasi terbaru AMD, Zen, yang rencananya akan dirilis pada tahun 2016 mendatang.

Meskipun tidak menjelaskan secara detail, Mark memberikan beeberapa info bocoran mengenai prosesor tersebut.



AMD menyatakan, fitur utama Zen adalah peningkatan performa hingga 40 persen pada setiap instruksi per clock (IPC). Perubahan lain yang cukup signifikan adalah penggunaan teknologi Simultanious Multithreading (SMT) seperti halnya prosesor Intel.

Penggunaan teknologi SMT memang merupakan perubahan yang cukup signifikan, mengingat sebelumnya AMD selalu menggunakan teknologi Clustered Multithreading (CMT) pada prosesornya.



Prosesor Zen akan menggunakan platform terbaru AMD dengan socket AM4 yang juga telah mendukung penggunaan memori DDR4. AMD juga akan menyeragamkan seluruh jenis prosesor Zen dengan socket AM4.

Itu artinya, tidak akan ada varian prosesor Zen yang menggunakan socket selain AM4. Prosesor Zen akan memiliki ruang pengembangan mulai tahun 2016 hingga 2017, sedangkan untuk tahun 2017 ke depan, AMD akan menghadirkan prosesor baru yang dinamakan Zen+.



Yang cukup mengejutkan, AMD menghentikan pengembangan Skybridge. Untuk Anda yang belum tahu, ini adalah proyek AMD untuk masuk ke dunia Android. Mereka bekerjasama dengan ARM untuk membuat prosesor khusus perangkat Android.

CEO AMD Lisa Su mengatakan, AMD akan mengalihkan fokusnya dari Skybridge seperti yang diminta para konsumen yang mengatakan bahwa mereka tak memerlukan platform hibrida tersebut. Prosesor AMD Zen juga akan hadir di berbagai lini, mulai dari desktop PC hingga server, dan berbagai versi sesuai dengan kebutuhan pasar, mulai dari versi 10W hingga 100W. (anandtech)


(ABE)