Kartu Grafis Baru AMD Fokus Pada Peningkatan Performa & Optimalisasi DirectX12

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 08 May 2015 13:40 WIB
amd
Kartu Grafis Baru AMD Fokus Pada Peningkatan Performa & Optimalisasi DirectX12
Radeon seri terbaru akan dirilis pada kuartal ke-2 tahun ini

Metrotvnews.com: Selain membeberkan prosesor masa depannya,  Zen, dan pengaplikasiannya ke data center, AMD juga merilis informasi mengenai chip grafis dan kartu grafis desktop terbarunya pada acara Financial Analyst Day 2015 kemarin. CEO AMD Lisa Su mengatakan, perusahaannya akan merilis chip grafis terbaru pada kuartal dua tahun ini. Artinya, dalam waktu dekat akan ada jajaran chip grafis Radeon baru untuk lini PC desktop.

Selain berperan sebagai produsen prosesor, AMD juga dikenal sebagai produsen chip grafis dan kartu grafis untuk PC desktop. Seri terakhir dari kartu grafisnya adalah Radeon seri 200 yang memiliki beberapa varian mulai dari kelas bawah dan kelas atas, seperti R9 290x2. Chip grafis dan kartu grafis baru ini akan fokus pada performa serta optimalisasi terhadap API DirectX 12.



Chip grafis AMD yang akan datang juga akan memiliki dukungan terhadap teknologi High Bandwidth Memory (HBM), yang tentunya akna sangat berpengaruh pada performanya secara keseluruhan. Selain meningkatkan performa, teknologi tersebut juga diklaim mampu menurunkan konsumsi daya pada kartu grafis.

Untuk melengkapi penggunaan teknologi HBM AMD juga akan menyematkan teknologi color compresion yang memungkinkan peningkatan performa pada resolusi 4K dan penggunaan perangkat virtual reality.

AMD mengatakan, teknologi HBM bisa dipasang dalam form-factor baru, sehingga membuat kartu grafisnya memiliki ukuran yang lebih kecil. AMD juga berencana untuk membawa teknologi HBM pada prosesor APU-nya yang hingga kini performanya masih "mentok" karena kekurangan memory bandwidth. Dengan teknologi HBM, APU AMD diharapkan dapat memiliki performa yang lebih baik dari sebelumnya. (anandtech)




(ABE)