GPU Berteknologi HBM dari AMD akan Muncul Kuartal Ini

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 08 May 2015 13:35 WIB
amd
GPU Berteknologi HBM dari AMD akan Muncul Kuartal Ini
AMD berencana rilis GPU desktop di kuartal ini.

Metrotvnews.com: CEO AMD Lisa Su secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan GPU desktop baru pada kuartal ini. Saat ini, AMD masih enggan untuk memberitahukan detail mengenai produk tersebut.

Bahkan gambar di bawah ini, yang mereka tampilkan pada acara Financial Analyst Day 2015 kemarin, bukanlah gambar yang sebenarnya dari GPU terbaru AMD. Namun yang jelas, GPU ini akan mendukung DirectX 12.



Selain itu, GPU terbaru tersebut akan menjadi yang pertama menggunakan High Bandwidth Memory (HBM). Teknologi ini memungkinkan AMD untuk meningkatkan performa GPU sekaligus mengurangi konsumsi daya. AMD juga akan menggunakan teknologi color compression.

AMD menjelaskan, mereka melakukan semua ini dengan harapan para pengguna akan dapat menikmati teknologi 4K dan VR dengan lebih baik. Selain meningkatkan performa, penggunaan HBM juga memungkinkan AMD untuk melakukan perubahan pada bentuk GPU mereka menjadi lebih kecil.

Kompetitor AMD, NVIDIA, telah memperlihatkan contoh tampilan GPU mereka yang menggunakan teknologi HBM. Kemungkinan, bentuk GPU AMD nanti tidak akan berbeda jauh dari GPU buatan NVIDIA. AMD juga mengabarkan bahwa mereka juga akan menggunakan teknologi HBM pada produk lain, seperti APU. (anandtech) 


(ABE)