Direktur PT Al Aqsha: Umrah Rustawi Sesuai Prosedur

Aditya Mahatva Yodha    •    Jumat, 08 May 2015 13:38 WIB
wni
Direktur PT Al Aqsha: Umrah Rustawi Sesuai Prosedur
Ilustrasi: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Malang: Seorang warga Malang, Jawa Timur, ditahan polisi Brunei Darussalam karena kedapatan benda-benda berbahaya, seperti bahan peledak dan peluru. Rustawi ditangkap ketika transit di Brunei sebelum menuju Arab Saudi untuk umrah.

Direktur PT Al-Aqsha Malang, M Agus Sugianto, mengatakan agennya selalu menyosialisasikan barang-barang yang boleh dan tidak boleh dibawa jamaah selama perjalanan. Timnya tidak menemukan keganjilan saat rombongan Rustawi berangkat umrah.

"Kami sudah sesuai prosedur, yang kami sosialisakan hanya membawa peralatan ibadah saja, seperti sarung dan baju muslim," kata Agus, saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (7/5/2015).

Agus mengatakan pihak travel memang tidak membuka koper jamaah. Hal tersebut, kata dia, merupakan privasi jamaah.

"Di sini para jamaah membuka koper mereka sendiri dan menunjukan ke petugas bandara," kata dia.

Menurut dia, kasus Rustawi bukan tanggung jawab travel. Sebab, lanjut dia, travel hanya bertanggung jawab pada tiket, visa dan hotel. Dia juga tidak percaya Rustawi membawa peluru dan bahan peledak dalam perjalanan ibadah. Namun, dia tidak dapat menuduh pihak mana pun.

"Selaku orang muslim saya tidak bisa mengatakan ada yang memasukan barang-barang tersebut ke tas Pak Rustawi, saya tidak boleh lantas menuduh, tapi saya juga tidak percaya," kata Agus.

Sebelumnya, saat pesawat mendarat di Bandara Internasional Bandar Seri Begawan dan hendak ganti pesawat, kru bandara mendeteksi bahan peledak dan peluru ada dalam koper milik salah satu jamaah dari Indonesia, yakni Rustawi Tomo, 63.

Semua rombongan sempat dihentikan sementara. Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, 53 peserta rombongan sudah diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke Jeddah, hanya Rustawi yang masih diamankan untuk menjalani pemeriksaan oleh Kepolisian Brunei.

 


(BOB)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA