Inilah Detail Spesifikasi Kartu Grafis AMD Terbaru

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 08 May 2015 13:51 WIB
amd
Inilah Detail Spesifikasi Kartu Grafis AMD Terbaru
AMD rilis kartu grafis OEM terbaru, yaitu Radeon 300 OEM Series

Metrotvnews.com: AMD baru saja mengumumkan kartu grafis OEM seeri terbaru, Radeon 300 series. Perilisan tersebut berbarengan dengan perilisan chip grafis Radeon M300 Series serta prosesor AMD APU 7000 Series. Kartu grafis tersebut akan hanya tersedia di produk-produk OEM PC tahun ini.

Kartu grafis OEM Radeon 300 Series terdiri-dari tiga varian, yaitu AMD OEM Desktop Radeon R9 300 Series, AMD OEM Desktop Radeon R7 300 Series, dan AMD OEM Desktop Radeon R5 300 Series. Ketiganya memiliki segmentasi pasar yang berbeda, seri R9 untuk kelas menengah ke atas, R7 untuk kelas menengah, dan R5 untuk kelas menengah ke bawah. 



Ketiga varian kartu grafis tersebut tidak akan menggunakan chip grafis dan konfigurasi komponen yang sama. Kartu grafis seri R9 OEM akan menggunakan chip grafis Tonga dan Pitcrain, serta akan menggunakan memori GDDR5 dengan rentang besar memori mulai dari 2GB hingga 4GB.

Kartu grafis seri R9 OEM memiliki rentang kecepatan proses 918MHz hingga 1050MHz, dengan rentang kecepatan baca pada memori mulai dari 5,5GHz hingga 6,5GHz.



Untuk kartu grafis seri R7 OEM dan R5 OEM, AMD menggunakan chip grafis Oland dengan rentang besar memori mulai dari 1Gb hingga 2GB. Kedua varian tersebut juga akan memiliki kecepatan baca memori yang lebih rendah dari seri R9 OEM, yaitu berkisar antara 4GHz dengan jenis memori GDDR5 atau DDR3. Sementara itu, kecepatan prosesnya masih berada di kisaran yang sama dengan seri R9 OEM, mulai dari 780MHz hingga 1050MHz.



Ketiga kartu grafis tersebut dipastikan akan hadir mulai tahun ini. HP adalah salah satu produsen yang telah mengkonfirmasi akan menggunakan kartu grafis AMD dalam produ baru mereka.

Beberapa pengamat mengatakan langkah AMD dan HP tersebut sangat tepat karena sebentar lagi adalah musim anak-anak di Amerika Serikat untuk kembali bersekolah. (anandtech)


(ABE)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

12 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA