Saksi Ahli KPK Tegaskan Penetapan Tersangka Masuk Objek Peraperadilan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 08 May 2015 13:41 WIB
praperadilan
Saksi Ahli KPK Tegaskan Penetapan Tersangka Masuk Objek Peraperadilan
Ilustrasi Sidang Praperadilan --MI/Barry Fatahillah

Metrotvnews.com, Jakarta: Adnan Paslyadja, saksi ahli Komisi Pemberantasan Korupsi, dalam sidang gugatan praperadilan Ilham Arief Sirajuddin menyebut penetapan tersangka masuk sebagai objek praperadilan. Sebab, ada putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan demikian.

"Iya, setelah adanya putusan itu bisa (dipraperadilankan)," kata Adnan dalam keterangannya di sidang praperadilan, PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (8/5/2015).

Namun, Adnan mengatakan, dikabulkan tidaknya gugatan penetapan tersangka ada di tangan hakim. Sebab, hakim yang berwenang memutus perkara yang digugat.

"Apa mau menjadikan (putusan MK) itu dasar atau tidak," ujar dia.

Jika hakim memutuskan menjadikan putusan MK sebagai rujukan dalam memberikan keputusan, KPK dapat menggugat kembali untuk membatalkan putusan tersebut dengan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA).

"Selama ini kan putusan MA dan MK selalu bertolak belakang. Jadi kalau hakim menjadikan putusan MK sebagai dasar memutuskan, nanti KPK bisa membatalkannya dengan mengajukan PK ke MA," tandas dia.

Sebelumnya, Tim Kuasa Hukum Ilham Arief Sirajuddin dalam gugatan praperadilan mempermasalahkan penetapan tersangka oleh KPK yang tidak sesuai prosedural. Mantan Wali Kota Makassar ini ditetapkan sebagai tersangka, saat KPK masih dalam tahap penyelidikan.

Ilham Arief Sirajuddin diumumkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi PDAM Makassar, pada 7 Mei 2014 dan diterbitkan sprindik 20A/01/11/2014.


(TII)

Elza Syarief Tuding Yulianis Diistimewakan KPK

Elza Syarief Tuding Yulianis Diistimewakan KPK

7 hours Ago

Kuasa hukum Nazaruddin, Elza Syarief menggelar konferensi pers menanggapi pernyataan Yulianis. …

BERITA LAINNYA