Revisi, OJK Tunggu Perkembangan Kredit Triwulan II-2015

Antara    •    Jumat, 08 May 2015 15:23 WIB
ojk
Revisi, OJK Tunggu Perkembangan Kredit Triwulan II-2015
Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.cm, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan masih menunggu perkembangan pertumbuhan kredit pada triwulan II-2015 mendatang sebelum melakukan revisi, di mana kredit perbankan pada triwulan I-2015 relatif masih melambat seiring dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi.
 

"Ya nanti kita lihat. Ini kan masih terus berjalan. Kalaupun ada koreksi pertumbuhan itu kan di pertengahan tahun. Juni kita lihat ya. Bulan depan mungkin," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, di Jakarta, Jumat (8/5/2015).
 

Muliaman menuturkan, sejumlah bank masih optimistis untuk mencapai pertumbuhan sesuai dengan rencana bisnis bank (RBB) masing-masing. "Memang ada tekanan di kredit korporasi, tapi kredit kecil keliatannya masih tetap oke dan kita berharap jika ekonomi pick up di pertengahan tahun saya kira akan kembali normal semuanya," ujar Muliaman.
 

Terkait dengan adanya risiko peningkatan kredit bermasalah (NPL), Muliaman mengakui memang ada tekanan terhadap NPL khususnya untuk sektor pertambangan. "Kemudian di sektor konstruksi juga ada peningkatan. Sedangkan NPL di ritel masih tetap bertahan," kata Muliaman.
 

Muliaman menambahkan, pihaknya meminta bank untuk memantau secara lebih dekat dan lebih teliti dalam penyaluran kredit.
 

"Mapping yang kira-kira bisa dilakukan karena ekonomi di dalam negeri pasarnya sangat besar. Saya kira kegiatan ekonomi yang berbasis dalam negeri, masih sangat kuat demand-nya. Jadi teman-teman bisa fokus," pungkas Muliaman.




(ABD)