Politikus PDIP Nilai Calon Kepala Daerah dari Parpol Punya Tanggung Jawab Moral

Damar Iradat    •    Jumat, 08 May 2015 16:45 WIB
basuki tjahaja purnama
Politikus PDIP Nilai Calon Kepala Daerah dari Parpol Punya Tanggung Jawab Moral
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gembong Warsono--Metrotvnews.com/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon kepala daerah yang diusung partai politik dinilai memiliki tanggung jawab moral, ketimbang calon independen. Sebab ada pihak yang dimintai pertanggungjawaban, saat sosok yang diusung parpol tak bekerja baik.

"Calon dari partai pertangungjawabannya jelas. Artinya, dia diusung dari partai. Lebih jelas daripada perorangan atau independen. Partai punya tanggung jawab moral, ketika menjual satu sosok, partai yang bertanggung jawab," ujar anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gembong Warsono di Gedung DPRD Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (8/5/2015).

Gembong juga memaparkan prinsip PDIP untuk menghasilkan pemimpin berkualitas. Baik dari struktural partai atau legislatif.

"Siapa pun yang disodorkan PDIP sudah diseleksi ketat. Bagi saya, itu tergantung kualitas kader yang dihasilkan partai. Juga, bagaimana partai menyeleksi seseorang calon pemimpin," paparnya.

Salah satu contoh sukses PDIP adalah bagaimana mereka membawa Joko Widodo yang kini menjadi Presiden. Pemilihan Jokowi dinilai sebagai satu proses pengkaderan yang melewati proses panjang.

"Contoh saja Jokowi. Dia itu kan hasil seleksi. Mulai dari Wali Kota Solo sampai Gubernur DKI. PDIP telah memproses itu semua," kata terangnya.

Sebelumnya 44,8 persen warga DKI menyarankan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali maju di Pemilihan Gubernur Jakarta lewat jalur independen.

Dukungan tersebut mengalir melalui hasil survei yang dilakukan Cyrus Network. Suara tersebut keluar lantaran masyarakat kecewa terhadap partai politik. Apalagi masyarakat Jakarta dinilai sudah punya catatan soal jalur independen pada pilkada periode lalu.


(YDH)